Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Tujuan jurnal ini adalah untuk menyediakan tempat bagi akademisi, peneliti dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitian asli atau artikel ulasan. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik di bidang Agribisnis, anatara lain:

  • Agribisnis,
  • Ekonomi Pertanian,
  • Manajemen dan Analisis Agribisnis,
  • Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Agrinesia: Jurnal Ilmiah Agribisnis menerbitkan artikel mengikuti panduan dan template Jurnal. Semua naskah yang dikirim akan melalui proses review, durasi review adalah antara 2-4 minggu. Tinjauan awal naskah dilakukan oleh tim editorial untuk meninjau kesesuaian teks dengan fokus dan ruang lingkup serta pedoman penulisan Jurnal. Naskah akan dikirim ke dua mitra bestari untuk diulas berdasarkan bidang spesialisasi mereka. Peninjau memberikan penilaian naskah yang mencakup orisinalitas, kontribusi ilmiah, dan kejelasan presentasi. Tim editorial membuat keputusan atas komentar dan saran pengulas. Agrinesia: Jurnal Ilmiah Agribisnis memiliki empat jenis keputusan termasuk: diterima, diterima dengan sedikit revisi, diterima oleh banyak revisi, dan ditolak. Pemeriksaan plagiarisme dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Plagiarism Checker. Batas indikasi untuk plagiarisme yang diterapkan dalam Agrinesia: Jurnal Ilmiah Agribisnis adalah maksimum 15%.

 

 

Frekuensi Penerbitan

Agrinesia: Jurnal Ilmiah Agribisnis diterbitkan oleh Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo sebanyak tiga kali dalam setahun yaitu, pada Bulan Maret, Juli dan November.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi diantara perpustakaan yang berpartisi dan mengizinkan perpustakaan itu untuk membuat arsip permanen jika tujuannya untuk preservasi dan restorasi. Lanjut...

 

Etika Publikasi