KONTRIBUSI USAHATANI CENGKEH TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DIDESA MOMALIA 1 KECAMATAN POSIGADAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN

Yeri Mahalika, Yanti Saleh, Amelia Murtisari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui1) berapa pendapatan usahatani cengkeh terhadap pendapatan rumah tangga petani di Desa Momalia 1 kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,2) berapa kontribusi usahatni cengkeh terhadap pendapatan rumah tangga petani di Desa Moamalia 1 Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Sealatan.penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember tahun 2017. jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survey,dimana pengambilan sampel dari satu populasi untuk dimintai data-data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukan 1) pendapatan usahatani cengkeh terhadap pendapatan rumah tangga sebesar Rp. 21.519.319,56) kontribusi usahatani jagung terhadap pendapatan rumah tangga petani di Desa Momalia 1 Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang mongondow Selatan sebesar 52,44% di peroleh dari perbandingan antara rata-rata total pendapatan usahatani cengkeh senilai Rp. 21.519.319,56 di kurangi dengan rata-rata pendapatan rumah tangga petani senilai Rp. 41.030.705,18 dan di kalikan 100%, dari nilai kontribusi diatas dinyatakan bahwa kontribusi usahatani cengkeh terhadap pendapatan rumah tangga petani di Desa Momalia 1 Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan memberikan kontribusi yang besar (layak) atau > 50%. hal ini di karenakan nilai rata-rata pendapatan usahatani cengkeh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata luar sektor pertanian.

Keywords


Kontribusi, Pendapatan, Usahatani Cengkeh

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2017 Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dalam Angka. Provinsi Sulawesi Utara.

Badan Pusat Statistik, 2017 kecamatan posigadan dalam angka. Provinsi Sulawesi Utara.

Burhansyah, Rusli. 2012. Dinamika indicator kesejahteraan petani diKabupaten Kubu Raya dan Sanggau di provinsi Kalimantan Barat. Pusat Sosial dan Ekonomi dan Kebijakan.

Dinas Peratanian Dan Perkebunan, Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan 2013. Provinsi Sulawesi Utara.

Kaharu, Usman. 2003. Dasar-dasar Ilmu Ekonomi. BMT Nueul Jannah.

Legoh. 2010. Kontribusi Keuntungan Usahatani Kelapa Terhadap Pendapatan Keluarga di Desa Naha dan Desa Beha Kecamatan Tabukan Utara. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi. Manado. (dipublikasikan).

Rahman, 2013 Analisis Pemdapatan Rumah Tangga Petani Kelapa Didesa Botu Pingge Kabupaten Gorontalo. Jurnal Fakultas Pertanian, Jurusan Agribisnis, Universitas negeri Gorontalo. (dipublikasikan).

Soekartawi.2005. Analisis Usahatani Edisi Revisi.Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Suratiah, Ken. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v2i3.9665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS