ANALISIS EKONOMI RUMAH TANGGA PETANI JAGUNG DI DESA TELAGA KECAMATAN POPAYATO KABUPATEN POHUWATO

Ishal Amili, Yuriko Boekoesoe, Amelia Murtisari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengluaran rumah tangga petani jagung di Desa Telaga Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato dan untuk mengetahui pendapatan rumah tangga petani jagung di Desa Telaga Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Dilaksanakan pada bulan September tahun 2017. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, pendapatan usahatani dan pendapatan rumah tangga. Analisis digunakan untuk mengetahui ekonomi rumah tangga petani jagung di Desa Telaga Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato , dengan menggunakan tabel disertai dengan interpretasi data dan analisis pendapatan rumah tangga digunakan untuk mengetahui seberapa besar pendapatan rumah tangga petani jagung, dengan menggunakan rumus pendapatan rumah tangga yaitu penjumlahan antara pendapatan usahatani jagung, usahatani non jagung, dan pendapatan non pertanian di kurangi dengan pengeluaran rumah tangga. Hasil penelitian menujukan pengeluaran rumah tangga sebesar 391.353.000 dan rata-rata pengeluaran sebesar 9.545.195,12. Total pendapatan rumah tangga petani jagung di Desa Telaga Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato adalah sebesar 834.130.930 dan rata-rata pendapatan rumah tangga sebesar 20.344.656,83.

Keywords


Ekonomi, Rumah Tangga, Pengeluaran, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Anwas. 1992. Pengantar Ilmu Pertanian. Penerbit Rineke Cipta, Jakarta.

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo, 2015

Daniel, M. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Doriza, S. 2015. Ekonomi Keluarga. Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Gani, Y. M. 2014. Analisis Pendapatan Rumahtangga Petani Dari Jagung dan Non Jagung di Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Hanafi, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. C.V Andi Offset. Yogyakarta.

Kaharu, Usman. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi. BMT Nurul Jannah.

Muttaqin. 2014. Analisis Pendapatan dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Padi Sawah di Desa Toto Utara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Uneversitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Potabuga, Gusrin. 2016. Analisis Ekonomi Rumah Tangga Nelayan Tradisional Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bonebolango. Skripsi. Universitan Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Rahardja, P. dan M. Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Edisi Ketiga. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Soekartawi, 2006. Analisis Usahatani. UI-Press. Jakarta.

Winarti. 2008. Kontribusi Lahan Industri Terhadap Tingkat Kesejahteraan Rumahtangga Petani di Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Skripsi. Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v3i1.9704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS