ANALISIS CURAHAN WAKTU PETANI JAGUNG DI KECAMATAN TABONGO KABUPATEN GORONTALO

Abdul Rahmat Ahmad, Mahludin Baruwadi, Wawan K. Tolinggi

Abstract


Penelitian ini bertujuan :1) Mengetahu seberapa besar petani memanfaatkan waktu luangnya untuk bekerja. 2Mengetahui  pendapatan usahatani jagung di Kecamatan Tabongo. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan TabongoKabupaten Gorontalo dari bulan maret sampai mei 2018 dengan jumlah sampel 89 orang petani jagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei.Analisis data yang digunakan adalah analisis alokasi waktu kerja, analisis waktu kerja pada luar sector pertanian, analisis pendapatan usahatani jagung. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Potensi tenaga kerja di Kecamatan Tabongo dilihat dari rata-rata penggunaan tenaga kerja luar  keluarga (TKLK) yaitu 1424,02 dan tenaga kerja dalam keluarga (TKDK) yaitu 298,24 per musim tanam dengan rata-rata alokasi waktu kerja sebanyak 26,61 hari per musim. Sementara itu, waktu luang yang digunakan petani untuk kegiatan usahatani non jagung yaitu sebanyak 3,21 HOK, di sektor non pertanian dengan waktu yang digunakan sebanyak 9,72 HOK, serta terdapat sebanyak 87,07 HOK yang tidak menggunakan per musim waktu luang untuk bekerja. Kecenderungan petani dalam memanfaatkan waktu luang tergantung pada hasil produksi usahataninya. (2) Pendapatan petani yang diperoleh dari usahatani jagung di Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, pendapatan per musim yaitu sebesar Rp 705.300.974 dengan nilai rata-rata per petani 7.924.794.

Keywords


Waktu, Tenaga Kerja, Curahan Waktu, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Anton, M, Gapri,Mahawati. 2007. Kontribusi Padi Sawah Terhadap Usahatani Keluarga di Desa Ogoamas II Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2009. Indonesia dalam anka.

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. 2015. Gorontalo dalam angka. Gorontalo.

Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kecamatan Tabongo. 2017. Gorontalo.

Dinas Pertanian dan Perkebunana Kabupaten Gorontalo. 2014. Gorontalo dalam anka. Gorontalo.

Hafidh, 2009. Pengaruh Tenaga Kerja, Modal dan Luas Lahan Terhadap Produksi Usahatani Padi Sawah di Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal.

Khan M, Saima A, Hafiz ZM, & Kashif M. 2013.Analysing Skills, Education And Ages in Faisalabad: Implications For Labour Market.

Makki, 2015.Strategi Alokasi Tenaga Kerja Rumah Tangga Petani Padi dilahan Rawa Lebak Untuk Peningkatan Pendapatan Dan Mengurangi Tingkat Kemiskinan.

Malahika, Yeri.2017. Kontribusi Usahtani Jagung Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani di Desa Momalia 1 Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.Skripsi Fakultas Pertanian Jurusan Agribisnis Universitas Negeri Gorontalo.

Medah, Ginda Jenifa dan I Wayan Wenagama. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Basis di Provinsi Bali.

Mubyarto, S. 1994. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta.

Musa, Octavianita Frisca. 2017. Analisis Pemanfaatan Waktu Tenaga Kerja Petani Jagung Di Desa Datahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo.Skripsi, Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.

Nurmanaf, A.R., M. Gunawan dan S. Hartoyo. 1970. Analisa Pencurahan Tenaga Kerja RumahTangga Di Pedesaan DAS Cimanuk, Jawa Barat.Studi Dinamika Pedesaan SAE, Bogor.Laporan No. 03/78/L.N.

Tumoka, Nova. 2013. Analisis Pendapatan Usahatani Tomat di Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa.Jurnal penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Sam Ratulangi Manado.

Soekarwati. 1994. Teori Ekonomi Produksi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Zuraidah, 2010.Usahatani Jeruk Mendukung Pendapatan Petani Pada Lahan Pasang Surut di Kalimantan Selatan.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v3i2.9712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS