STRATEGI PEMASARAN JASA DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING

Lisda L. Asi

Abstract


Lingkungan bisnis mengubah bisnis layanan rappidlyin. Setiap perusahaan dituntut untuk merancang strategi pembuatan yang dapat ditingkatkan adalah keunggulan kompetitif. Strategi pemasaran tandanya adalah realisasi proses sistem dan layanan bisnis. Dalam merancang strategi pemasaran jasa, ada dua strategi utama yaitu strategi pasar dan strategi bauran pemasaran inti dari strategi pasar adalah rencana perusahaan dalam memilih target pasar dan mengikutinya dengan posisi pasar di dalamnya. Strategi bauran pemasaran adalah alat untuk menciptakan nilai layanan. Strategi pemasaran layanan diarahkan untuk menciptakan nilai pelanggan yang unggul sebagai ukuran keunggulan kompetitif perusahaan, sebagai instrumen untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dari kasus penerapan strategi pemasaran layanan di dua perusahaan, memberikan gambaran tentang efek strategi pemasaran, terhadap keunggulan kompetitif, oleh karena itu kepuasan dan loyalitas pelanggan akan dapat tercapai.

Keywords


Pelayanan pemasaran; Strategi pemasaran; Keunggulan kompetitif; Rantai laba layanan

Full Text:

PDF

References


Barlow, Jenelle. 2000. Emotional Value: Taking Customer Service to a new Level. First Editoin. Barrett-Koehler Publishers, Inc. USA.

Bateson, Jhon E.G. 1992. Managing Service Marketing. Second Edition. The Dryden Press. USA.

Blumberg, Donald F. 1991. Managing Service as a Srategic Profit Center. McGraw-Hill, USA.

Brown, Stephen W. 1991. Service Quality: Multidisciplinary and Multinational Perspectives. Lexington Books. New York USA.

Chattell, Alf. 1998. Creating Value in the Digital Era: Achieving Success Trough Insight, Imagination and innovation. Macmillan Press Ltd. London, UK.

Fitzsimmons, James A. and Mona J. Fitzsimmons. 1994. Service Management for Competitive Advantage. International editions. McGraw-Hill, USA.

Gale, Bradley T. 1994. Managing Customer Value: Creating Quality and Service Competation. Lexiongton Books. Massachusetts, USA.

Hakskett, James L. 1997. The Service Profit Chain: How Loading Companies Link Profit and Growth to Loyalty, Statisfaction, and Value. The Free Press A Dividion of Simon & Schuster Inc. New York USA.

Horovitz, Jaques. 2000. Seven Secrets of Service Strategy. Person Education Limited. Great Britain.

Kurtz, David L. 1998. Service Marketing. John Willey &Sons, Inc USA.

Lovelock, Christopher H. 2002. Service Marketing in Asia: Managing People, Thecnology, and Strategy. Prentice-Hall. Person Education Asia Pte Ltd, Singapore.

Lovelock, Christopher H. 1999. Principles of service Marketing Management. Prentice-hall Inc. USA.

Milakovich, Michael E. 1995. Improving Service Strategy. S.S Mubaruk & Bbrothers Pte. Ltd., Singapore

P3B-UNPAD. 2001. Profil dan Perilaku Pelanggan (Customer Profiles and Behavior) PT Satelindo SLI 008 dalam Pemangunan Strategi Keunggulan Bersaing.

P3B-Unpad. 2001. Kepuasan dan Loyalitas Nasabah dalam Hubungannya dengan Pengembangan Strategi Pemasaran PT Bank Jabar (Persero).

Reichheld, Frederick F. 1996. The Loyalitas Effect: The Hidden Force Behind Growth, Profits and Lasting Value. Bain & Company, Inc. USA.

Rust Ronald T. 1996. Service Marketing, Happer Collins College Pubhlisher. New York USA.

Vandermerwe, Sandra. 1994. Competing Through Service : Strategy and Implementation. Prentice-Hall International UK.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v1i3.7027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo