STRATEGI PEMASARAN JAGUNG GORONTALO SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN DAERAH

Umin Kango

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran yang dilaksanakan, menganalisis faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan strategi pemasaran, dan membuat rekomendasi strategi pemasaran jagung ke depan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif naturalistic. Data primer dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sampel ditentukan secara purposive sampling yang diperoleh dari 20 orang yang terdiri dari 6 orang penentu kebijakan Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo, 3 orang penampung jagung di tingkat gudang atau eksportir dan 11 orang petani. Data dianalisis secara kualititatif deskriptif yang didukung oleh teknik analisis SWOT dengan memilah SO, WO, ST, WT. Hasil penelitian ini menemukan bahwa : 1) strategi pemasaran sekarang ini masih terbatas pada pelaksanaan marketing mix (produk, harga, distribusi promosi), dan belum dilaksanakan secara maksimal. 2) Faktor-faktor penghambat pelaksanaan strategi pemasaran yang perlu diperhatikan, yaitu : a) adanya kesenjangan antara produksi potensial dan produksi actual, b) adanya kesenjangan antara daerah sentra produksi akibat akses jalan agropolitan yang belum seluruhnya terbangun, c) tingginya harga sarana produksi terutama benih jagung dan pupuk sehingga petani tidak mampu membeli. d) akses petani ke lembaga-lembaga keuangan sangat terbatas karena masalah penjamin kredit dan manajemen usaha tani, e) potensi lahan untuk pengembangan jagung semakin terbatas, f) belum selarasnya kebijakan antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, g) masih kurangnya informasi yang diterima petani tentang teknologi. 3) dalam pelaksanaan straregi pemasaran jagung ke depan ada dua strategi yang diperlukan, yaitu : a) strategi guna mencapai keunggulan bersaing dalam bidang pertanian. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan : Strategi Korporasi, Strategi Bisnis, Strategi Fungsional. b) strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing produk. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan : strategi marketing mix (4P), strategi diferensiasi, strategi branding dan strategi positioning. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran ( marketing mix) mulai dari produk, harga, tempat, dan promosi belum dilaksanakan dengan baik. Untuk itu disarankan agar Pemerintah Provinsi Gorontalo lebih meningkatkan pelaksanaan strategi pemasaran bukan hanya marketing mix tetapi juga memperhatikan elemen-elemen lain pemasaran seperti; deferesiasi, dan positioning, serta kelembagaan.

Keywords


Strategi Pemasaran; Jagung; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. 2004. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Edisi ke-1 PT Raja Grafindo, Jakarta

Ambadar, J. Abidin, M. Isa, Y. 2007. Mengelola Merek: Seri Usaha Praktis “Selalu Ada Peluang”. Yayasan Bina Karsa Mandiri. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. 2008. Gorontalo Dalam Angka

--------------------------------------------------.2006. Goorontalo Dalam Angka

--------------------------------------------------.2004. Goorontalo Dalam Angka

Cravens, D.W. 1996. Strategic Marketing, 4th ed. Salim, Lina (alih bahasa). Pemasaran Strategis, Edisi ke-4/Jilid 1 & 2. Erlangga.

Denzin, N. K. dan Lincoln, Y. S. 2005. The Sage Handbook of Qualitative Research, 3rd edition. Sage Publication

Dinas Pertanian dan KP Provinsi Gorontalo. 2007. Gorontalo 5 Tahun Agropolitan.

Dirgantoro, C. 2004. Manajemen Stratejik : Konsep, Kasus dan Implementasi, PT. Grasindo, Jakarta

Djakapermana, R. D. 2003. Pengembangan Kawasan Agropolitan Dalam Rangka Pengembangan Wilayah Berbasis Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTWN). Direktorat Pemukiman dan Prasarana Wilayah, RI.

Ferrinadewi, E. 2007. Merek dan Psikologi Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta

Fuad M, Christine. H, Nurlela, Sugiarto, Paulus. 2003. Pengantar Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Glueck, F. W and Lawrence R. Jauch. 1999. Strategic Management and Business Policy, Edisi Kedua, Terjemahan, Murad dan Henri Sitanggang, Erlangga Jakarta

Kertajaya, H. 2004. Herman Kertajaya On Brand: Seri 9 Elemen Marketing. PT. Mizan Pustaka. Bandung

Kertajaya, H. 2004. Herman Kertajaya On Positioning: Seri 9 Elemen Marketing. PT. Mizan Pustaka. Bandung

Kohl, R.L. and J.N. Uhl. 1990. Marketing of Agricultural Product. Machimillan Co., New York.

Kotler, P, H. Kertajaya, H. Den Huan and S. Liu. 2005. Rethinking Marketing: Sustainable (Meninjau Ulang Pemasaran) Marketing Enterprise in Asia. PT. Indkes. Jakarta

Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. and Amstrong, G. 1992. Principles of Marketing. Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ, USA

Saladin, D. 2006. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Linda Karya. Bandung.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta. Bandung.

Sutawi, M.P. 2004. Manajemen Agribisnis. Pemasaran Hasil Pertanian. PAPYRUS, Surabaya 60119.

Swatsha, B dan Suktjo. 1995. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta, Liberty

Rangkuti, F. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran, Edisi ke-2. Andi Offset. Yogyakarta.

Triton, P. B. 2008. Marketing Strategic: Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing. Tugu Publisher. Yogyakarta.

Umar Husein. 2008. Strategic Management In Action Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategic: Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred David, dan

Wheelwn-Hunger. Gramdedia Pustaka Utama. Jakarta.

Usman, H. 2005. Menggagas Masa Depan Gorontalo. HPMIG Press. Yogyakarta.

Patton, M. Q. How to Use Qualitative Methods in Evaluation. Budi P. Priyadi (Penterjemah). 1991. Metode Evaluasi Qualitatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Pearce and Robinson. 1997. Management Strategic : Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, terjemahan, Ir. Agus Maulana MSM, Binarupa Aksara, Jakarta.

Whellen, T.L and J. David H. 2004. Strategic Management and Business Policy, Nineth Edition. Pearson Education, New Jersey.

Widayat. 2004. Metode Penelitian Pemasaran. Penerbit Universitas Muhammadiyah. Malang.

Widodo, E. dan Mukhtar, 2000. Konstruksi Ke Arah Penelitian Deskriptif, Cetakan Pertama, Penerbit ISBN, Yogyakarta.

Quick MBA. 2004. Competitive Advantage. Internet Centre For Management and Business Administration. Inc.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v1i3.7032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo