PENGARUH PENERAPAN ASSESSMENT CENTRE TERHADAP PRESTASI KERJA PADA KARYAWAN PT. BPR PARODANA GORONTALO

Andi Yusniar Mendo, Melan Angriani Asnawi, Moh. Rifky P. Kadullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan Assessment Center terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. BPR Parodana Gorontalo. Pengumpulan data dalam penelitian dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,600. Nilai ini berarti bahwa sebesar 60% dari prestasi kerja karywan pada PT. BPR Parodana Gorontalo dipengaruhi oleh penerapan Assessment Center yang dilakukan perusahaan. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap Prestasi kerja karyawan sebesar 40%, yang memungkinkan untuk dipengaruhi variabel lain seperti Pendidikan dan Pelatihan, Penilaian Kinerja melalui Balanced Score Card, dan variabel lainnya. Semakin baik penerapan mengenai kinerja karyawan maka akan semakin menggambarkan kemamapuan karyawan dalam bekerja sehingga akan meningkatkan prestasi kerja karyawan dan kinerja perusahaan secara umum.

Keywords


Assessment Center; Prestasi Kerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Adiawaty, S. 2016. Pengembangan Sumber Daya Manusia Unggul Melalui Assessment Center. Kajian Multi Disiplin Ilmu dalam pengembangan IPTEKS , 880-885.

Al Fajar, Siti., & Heru, Tri. 2010. Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan STIM YPKN.

Anwar, I., 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI: Bandung.

Astuti, D. A. 2006. Penciptaan Sistem Penilaian Kinerja Yang Efektif Dengan Assessment Centre. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1 , 23-34.

Brownell, Judi. 2005. Predicting Leadership: The Assessment Center’s Extended Role. Cornell University School of Hotel Administration.

Danang, Sunyoto. 2013. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. CAPS: Yogyakarta.

Dharma, Surya. 2003. Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Bumi Aksara: Jakarta.

Kamal, Fahmi. 2018, Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus: PT Deconey Jakarta). Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis Vo. 2 No. 1. Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Sarana Informatika.

Lievens, F. 2009. Assessment centres: A tale about dimensions, exercises, and dancing bears. European Journal of Work and Organizational Psychology , 102-121.

Mangkunegara, A., & Prabu, A. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Martoyo, Susilo. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedelapan. BPFE: Yogyakarta.

Nasution, S. 2000. Metode Research. Bumi Aksara: Jakarta.

Sariyathi. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Refika Aditama. Bandung.

Siagian, P. Sondang. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sidabutar, Dewi Anita. 2016. Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai (Studi Kasus Pada Kantor PLN Area Medan). Universitas Sumatera Utara: Medan.

Silvia, D. 2015. Assessment Center. PT Perkebunan Nusantara XII.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sutrisno. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Mandar Maju: Jakarta.

Zilmahram. 2010. Hasil Assessment VS Judgement Management. Online: http://habahate.blogspot.com/2010/07/hasil-assessment-vs-judgment-management.html (dikutip 15 Desember 2018, 17.24 wita

Zulkarnain, dkk. 2015. Kecemasan dalam Menghadapi Assessment Centre di Kalangan Pekerja Telekomunikasi. Jurnal Psikologi Volume 42, No. 3 , 259-277.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v1i3.7033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo