KOMPARASI KINERJA PEGAWAI SEBELUM DAN SESUDAH MENGIKUTI DIKLAT PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA PROVINSI GORONTALO

Femica Maydinda Harend, Rusli Isa, Agus Hakri Bokingo

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dari penyebaran angket dan data sekunder dari dokumen yang diperoleh di tempat penelitian serta daftar pustaka lainnya. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan sebanyak 53 responden dari pegawai kantor tersebut. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Uji Beda (Paired Sample t-Test). Berdasarkan hasil yang didapat dalam penelitian ini, terdapat perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata Kinerja Sebelum Diklat dan Kinerja Sesudah Diklat sebesar 2.71698, dan nilat t sebesar 15.872 dengan tingkat signifikan ρ value 0.000 <α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Kinerja Sebelum Diklat berpengaruh terhadap Kinerja Setelah Diklat. Hasil analisis dengan uji Paired Sample t-Test didapatkan bahwa nilai ρ value = 0.000 < α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa Kinerja Sebelum Diklat berpengaruh terhadap Kinerja Sesudah Diklat pada pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Gorontalo.

Keywords


Kinerja; Diklat

Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Bintoro. 2014. Manajemen Diklat. Yogyakarta: Gava Media.

Edison. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Kamrida, Andi. 2016. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Negeri Makassar.

Kirkpatrick, D.L. 2010. Evaluating Training Programs. San Fransisco: Bereet-Kohler Publisher.

Malayu, S.P Hasibuan. 2014. Manajemen Edisi Revisi, Cetakan ke 10. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pakpahan, Edi Saputra. Siswidiyanto dan Sukanto. 2014. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Malang: Universitas Brawijaya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein. 2010. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v3i1.7126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo