PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA MITRA ELEKTRONIK SUPERSTORE KOTA GORONTALO)

Mohamad Dion Setiawan Arnold, Tineke Wolok, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Sales Promotion (Promosi Penjualan) berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Mitra Elektronik Superstore Kota Gorontalo. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Promosi Penjualan (X) sedangkan variabel dependen adalah Keputusan Pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden konsumen Mitra Elektronik Superstore Kota Gorontalo. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software komputer SPSS 22 for Windows. Hasil uji koefisien regresi melalui uji t membuktikan bahwa diperoleh nilai t-hitung untuk variabel promosi penjualan di Toko Mitra Elektronik Gorontalo sebesar 7,291, dan telah diketahui sebelumnya nilai t tabel sebesar 1,661 jika dibandingkan maka nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Jika mengacu pada nilai signifikansinya, diketahui nilai signifikansi variabel promosi penjualan sebesar 0,000 dan tingkat signifikansi yang bisa diterima sebesar 5% atau 0,05, atau dengan kata lain nilai signifikansinya masih jauh lebih kecil dari nilai signifikasi (alpha). Jadi secara parsial atau individual variabel promosi penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di toko Mitra Elektronik Superstore Kota Gorontalo.

Keywords


Promosi Penjualan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Dio Martha Prihandono, 2014 “Pengaruh pelaksanaan advertising terhadap keputusan pembelian” Skripsi. Universitas Brawijaya Malang

Romy Victor Tanoni, 2012 “Influence Of Advertisement Toward Purchase Intention Through Brand Image And Attitude 0f Mizone Isotonic Drinks In Surabaya” Skripsi. Universitas Kaltolik Widya Surabaya

Richard Laurenz Mumu, 2016 “Brand Personality Creation Through Advertising (Study KFC on Television Commercial Break)” Skripsi. Internasional Business Administration (IBA) Program University of Sam Ratulangi Manado

Roza Azizah Primatika, 2018 “Analisis Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Ekuitas Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Nescafe Di Kota Semarang” Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang

Wolok, Tineke. 2019. Green Marketing : Pemasaran & Pembelian. Athara Samudra.

Wolok, Tineke. 2019. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat : Implementasi Iptek Untuk Standardisasi, Pemasaran, Dan Distribusi Produk Kerajinan Sulaman Kain Karawo Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Gorontalo.

Wolok, Tineke. 2019. Implementasi PPDM Pertama Bagi Masyarakat Pesisir Danau Limboto Melalui Pengawatan Sumber daya Manusia Dan Iptek Manajemen Pemanfaatan Eceng Gondok Sebagai Produk Unggulan

Wolok, Tineke. 2019. Analysis of The Effect of Green Marketing on Consumer Purchasing Decisions on The Body Shop Gorontalo Produk

Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2012. Priciples of Marketing Global 14thedition. New Jersey: Prentice.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. 14th edition. New Jersey: Prentice.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Prenhallindo

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller. 2009. Mаnаjemen Pemаsаrаn. Terjemаhаn Bob Sаbrаn. Edisi ke 13. Jilid 1. Jаkаrtа : Erlаnggа.

Kotler, Philip dan Keller. 2012. Mаnаjemen Pemаsаrаn. Edisi ke 12. Jаkаrtа : Erlаnggа.

Santoso, Singgih. 2002. Statistik Parametrik. Jakarta: PT Gramedia. Pustaka Utama.

Sanusi, Anwar. 2011. Metedologi Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan: Salemba Empat

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung Alfabeta.

Tjiptono, Fandy .2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Wangean,

Ryanto Hariandy. 2014. Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio di Kota Manado. Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1715-1725

Weenas, Jackson R. S. 2013. Kualitas produk, harga, promosi, dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian spring bed comforta. Vol. 1, No. 4, Desember 2013 : 607-618.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sekaran, Uma. 2011. Metode Penelitian untuk BisnisI. Jakarta: Salemba Empat

Schiffman, Leon dan Leslie L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Diterjemahkan oleh: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v3i1.7178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo