PENGARUH KOMPENSASI NON FINANSIAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. HASJRAT ABADI DIVISI YAMAHA CABANG GORONTALO

Rahmayanti R Buyongi, Andi Yusniar Mendo, Endi Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kompensasi non finansial (X1), dan budaya organisasi (X2) terhadap produktivitas kerja karyawan (Y). Data dalam penelitian ini didapatkan dengan melakukan penyebaran kuisioner pada karyawan yang ada di PT. Hasjrat Abadi Divisi Yamaha Cabang Gorontalo, sehingga data dalam penelitian ini data primer. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 35 orang karyawan, kemudian pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi pada objek penelitian. Sehingga sampel yang dijadikan objek penelitian adalah 35 orang karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompensasi Non Finansial berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Hasjrat Abadi Divisi Yamaha Cabang Gorontalo. Budaya Organisasi berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Hasjrat Abadi Divisi Yamaha Cabang Gorontalo. Kompensasi Non Finansial dan Budaya Organisasi secara simultan berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Hasjrat Abadi Divisi Yamaha Cabang Gorontalo. Koefisien determinasi atau angka R Square menunjukan besarnya pengaruh kompensasi non finansial dan budaya organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan sebesar 85% sedangkan sisanya sebesar 15% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel lain tersebut berupa variabel pemberian tunjangan, motivasi kerja dan sebagainya.

Keywords


Kompensasi Non-Finansial; Budaya Organisasi; Produktivitas Karyawan

Full Text:

PDF

References


Badriyah, Mila, 2015. Manajemen sumber daya manusia. Bandung: pustaka setia.

Hasibuan, Malayu Sp. 2016. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, H dan Martini H., (2011). Administrasi Personil Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Bumi Aksara. Jakarta.

Putu Irawati, dkk. 2014. Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan, e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2.

Rivai, V, dan E.J, Sagala. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Instansi: Dari Teori Ke Praktek. Jakarta. Raja Grafindo Press.

Sasuwe, Milla; Tewal, Bernhard; Uhing, Yantje. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Produktivitas Kerja Karyawan PT. Air Manado

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung. PT Redeka Aditama.

Sinungan, Muchdarsyah. 2008. Produktivitas apa dan bagaimana. Jakarta: Bumi aksara.

Sinungan, Muchdarsyah. (2014). Produktivitas: Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2018. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta. Kencana Prenada MediaGroup.

Wibowo. (2013). Budaya organisasi: Sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kinerja jangka panjang. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Yuniarsih Tjutju, dan Suwatno. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Yusniar, Lubis. Dkk. 2018. Manjemen dan Riset Sumber Daya Manusia. Bandung. ALFABETA, CV.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v3i3.9436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo