MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK (STUDI EMPIRIS PADA INDUSTRI PENGOLAHAN MAKANAN JADI SKALA KECIL DAN MENENGAH DI KOTAMOBAGU)

Anraini Mulya Anggai, Tineke Wolok, Idris yanto Niode

Abstract


Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mengetahui adanya pengaruh secara parsial dan simultan variabel orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing produk Panganan UKM di Kota Kotamobagu, dan untuk mengetahui besaran kontribusi pengaruh variabel orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing produk Panganan UKM di Kota Kotamobagu. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha/ owner UKM panganan yang ada di Kota Kotamobagu dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 81 Responden. Metode pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1). Orientasi pasar secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing produk panganan di Kota Kotamobagu. 2). Inovasi pasar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing produk panganan di Kota Kotamobagu. Semua sikap dan tindakan pelaku usaha dalam melakukan inovasi bisnis mempunyai pengaruh terhadap keunggulan bersaing produk; 3). Orientasi pasar dan Inovasi pasar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing produk panganan di Kota Kotamobagu. Hal ini membuktikan bahwa penguasaan pasar oleh setiap pelaku usaha dengan perpaduan inovasi yang dilakukan akan membawa dampak pada peningkatan keunggulan bersaing produk UMK panganan yang ada di Kota Kotamobagu.

Keywords


Orientasi Pasar; Inovasi Produk; Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Afifah Anggraini Nurlita (2017). “Pengaruh Orientasi Pasar Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran Kelompok Usaha Bersama (KUB) Gerabah Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Banten” Skripsi

Akhriandi (2017). “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Motor Merek Honda: Skripsi

Aryana Nengah I, Wardana Made I, dan Yasa Kerti Nyoman Ni. (2017), Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Sistem Informasi dan Costumer Intimacy dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran.

Bilgies Fitriyatul Aya (2017). Keunggulan Kompetitif yang Dalam Menciptakan Inovasi untu Kewirausahaan Strategi.

Chalchissa Amentie Kero & Bertrand Sogbossi B. (2017) Competitive Strategy Orientation and Innovative Success: Mediating Market Orientation a Study of Small-Medium Enterprises.

Dirgantoro Crown (2004). Manajemen Stratejik. Jakarta : PT Gramedia

Fahmila Fitria Siti. (2018). “Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Kinerja Operasioanl Perusahaan Pada UKM di Yogyakarta” Skripsi

Febriatmoko Bogy, dan Raharjo Toto Susilo. (2015), Meningkatkan Kinerja Bisnis Melalui Keunggulan Bersaing Kuliner Khas Semarang.

Hendri Herman, Hamdy Hady, Willy Arafah. (2018) The Influence of Market Orientation and Product Innovationon the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (UKM) Performance.

Hunger David J. dan Wheelen L. Thomas (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi

Hurley, R., & Hullt G. T. M.. 1998. Innovation, Market Orientation, and Organization Learning: An Intergantion and Empirical Examination. Journal of Marketing. Vol.62, p: 42-54

Irawan Beni (2016). “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (IKM Meubel Kota Gorontalo)” Skripsi

Manurung Tiroriana Mona, Ph Sugiarto Johanes, dan D. Munas Bambang. 2016, Membangun Keunggulan Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis pada Industry Kecil Menengah tenun Ikat di Troso, Jepara

Niode, Idris Y. 2012. Analisis Strategi Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage) Sektor Usaha Kecil Menengah di Kota Gorontalo (Studi Kasus Industri Meubel di Kota Gorontalo). Jurnal Bisnis dan Manajemen (BISMA). Vol. 4 No.2. pp-91 – 101

Niode, Idris Y And Herwin Mopangga. 2016. Manajemen Usaha: Produk Unggulan Stik Jagung Ikan. Ideas Publising. Gorontalo

Niode Idris Y dan Yusniar Mendo, Rauf Fajrunisa R. 2020. Role Of Purchase Decision As A Mediation That Influences Atmosphere Store On Customer Satisfaction. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences (RJOAS). ISSUE 7 (103), July 2020. pp. 37-44

Nugroho Marno. (2015). Model Peningkatan Kinerja Operasional melalui Praktek-Praktek Manajemen Kualitas Pada Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Semarang.

Rita. (2010), Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan Manufaktur.

Sandvik, Izabela Leskiewicz dan Kare Sandvik. 2003. The Impact of Market Orientation on Product Innovativeness and Business Performance Internaltional Journal of Research in Marketing. Vol. 20, p: 355376

Satwika Pertiwi Ketut Ni, dan Dewi Kusuma Wulandari Made Ni. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar Serta Inovasi Terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Bisnis.

Sugiyarti Gita (2015). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pembelajaran, Orientasi Produk dan Inovasi Produk (Studi empiris pada industry pakaian jadi skala kecil dan menengah di kota semarang.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Supranoto Meike. (2009). Startegi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Kewirausahaan dalam rangka Meningkatkan Kinerja pemasaran (Studi empiris pada: Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di Kota Semarang)” Skripsi

Supriyanto Akhmad, Sukrina Rahman Hipni, dan Abidin Zainal M. (2017). “ Jurnal Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada UMKM Kopiah Haji di Kabupaten Hulu Sungai Tenggah)

Sutapa, Mulyana, Wasitowati. (2017) “jurnal The Role of Market Orientation, Creativity and Innovation in CreatingCompetitive Advantages and Creative Industry Performance.

Wahyono, Rusdarti, Indah Merakati. (2017) “jurnal Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui KeunggulanBersaing Terhadap Kinerja Pemasaran.

Zaman Badrus Ikhasan (2017). “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Produk UMKM SPD Speedometer Yogyakarta)”. Skripsi.

Zharah Kusuma Wardhani dan Ardianus Laurens Paulus (2018). “Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk” Jurnal

Tineke Wolok, ZC Fachrussyah, Irwan Yantu. Technical And Economic Analysis Of Catching Equipment Totaluo In Nike Fishing (Awaous Melanocephalus) In Gorontalo City. 1(2) : 65-71

Wolok, Tineke, dkk. 2019. Implementasi PPDM Bagi Masyarakat Pesisir Danau Limboto Melalui Penguatan Sumber Daya Manusia dan Iptek Manajemen Pemanfaatan Eceng Gondok Sebagai Produk Unggulan.

Wolok, Tineke, dkk. 2019. Implementasi Iptek Untuk Standarisasi, Pemasaran dan Distribusi Produk Kerajinan Sulaman Kain Karao Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gorontalo.

Wolok, Tineke, 2019. Grand Marketing Pemasaran dan Pembelian.

Wolok, Tineke, 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Bank Sinar mas cabang Gorontalo. Laporan Penelitian: Universitas Negeri Gorontalo.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v3i3.9437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo