PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS)

Ansar .

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemberdayaan Komite Sekolah dalam menyukseskan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Lembaga Persekolahan di Indonesia. Pada negaranegara yang sukses menerapkan MBS, masyarakat merupakan inisiator utama, sedangkan penerapan MBS di Indonesia justru inisiator utamanya adalah pemerintah. Perbedaan ini menunjukkan bahwa ide-ide reformasi pendidikan masih didominasi oleh pemerintah sehingga masyarakat kurang memberikan kontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan. Kondisi ini, mengindikasikan pula bahwa untuk memaksimalkan peranserta masyarakat sebagai salah satu pilar utama keberhasilan penerapan MBS di sekolah memerlukan kerja keras bagi semua pihak terutama Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah untuk meyakinkan masyarakat tentang pentingnya keterlibatan mereka dalam pengelolaan sekolah secara efektif sebagaimana amanat UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.