DAMPAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN ENCENG GONDOK DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA LAUWONU DI KECAMATAN TILANGO KABUPATEN GORONTALO

Abdul Rahmat

Abstract


ABDUL RAHMAT
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah
Universitas Negeri Gorontalo


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dampak pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pemanfaatan enceng gondok dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Lauwonu di Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti sebagai pengamat penuh sejak awal hingga akhir penelitian karena penelitian lapangan adalah instrumen kunci. Untuk mendapatkan data penelitian ini, digunakan langkah-langkah pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk validitas penelitian dilakukan pengecekan keabsahan data yaitu trianggulasi mengecek keabsahan data yang sudah ada pada sumber atau rinforman lain dengan cara dan waktu yang lain.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikemukan simpulan bahwa dampak pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pemanfaatan enceng gondok dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Lauwonu Di Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo pada: (1) pemberian bantuan modal tidak menimbulkan ketergantungan masyarakat; (2) pemecahan aspek modal dilakukan melalui penciptaan sistem yang kondusif baru usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah untuk mendapatkan akses di lembaga keuangan; (3) penggunaan atau kebijakan pengalokasian modal berorientasi pada pemberdayaan pengrajin.

Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Pelatihan dan Pemanfaatan
Enceng Gondok

Refbacks

  • There are currently no refbacks.