Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Metode Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Manajemen Proses Sistem Operasi

Jemmy Pakaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif pada metode pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar Manajemen Proses Sistem Operasi mahasiswa semester 1 Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. Jenis penelitian adalah quasi eksperimental dengan postest only control group design. Penelitian ini berfokus pada aktivitas dan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan test hasil belajar yang dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan uji statistik. Hasil penelitian dari segi aktivitas belajar menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih aktif (80,71%) dibandingkan dengan kelas kontrol (71,33%), sedangkan dari segi hasil belajar yang dilihat dari nilai post test menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi (75,14) dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol (62,80). Hasil uji effect size sebesar 2.17 dengan kriteria besar menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif pada metode pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran TAI tanpa menggunakan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar manajemen proses sistem operasi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By
Faculty of Engineering, Gorontalo State University. Jl. Jenderal Sudirman No. 6 Gorontalo - 96128
Telp. (0435) 821183
e-mail : jurnal.teknik@ung.ac.id