Validitas Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Kelas Viii SMP

Sukrin Ismail, Frida Maryati Yusuf, Jusna Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang valid. Pengembangan bahan ajar menggunakan rancangan penelitian Research and Development (R&D) sampai pada uji coba terbatas. Validitas bahan ajar ditentukan berdasarkan hasil validasi oleh empat validator terdiri atas tiga orang dosen ahli dan satu orang guru IPA. Validitas bahan ajar diperoleh berdasarkan kualitas isi, kebenaran dan kedalaman konsep, kelayakan bahasa serta kualitas kelengkapan. Bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penilaian oleh validator, persentase setiap aspek yang diperoleh minimal 81.25% dengan kriteria minimal valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan telah memenuhi syarat valid untuk digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Bahan Ajar; Inkuiri; Tumbuhan;validitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v2i1.2497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Sukrin Ismail, Frida Maryati Yusuf, Jusna Ahmad

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .