HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK

Eka Rati Astuti, Rabia Zakaria

Abstract


Kemampuan akademik yang dimiliki seorang mahasiswa berbanding lurus dengan prestasi akademik. Motivasi belajar sangat penting dalam meraih prestasi belajar yang baik karena motivasi dalam belajar adalah faktor yang penting dimana hal tersebut merupakan keadaan yang mendorong mahasiswa untuk belajar. Rumusan masalah: apakah ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi D3 (Tiga) Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Gorontalo? Tujuan penelitian: untuk mengetahui gambaran motivasi mahasiswa serta mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa program studi D3 (Tiga) Kebidanan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Gorontalo.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh mahasiswa Program Studi D3 (Tiga) Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Gorontalo yang berjumlah 194 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Uji statitsitik yang digunakan untuk menganalisis hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik adalah chi square (x2).

Hasil penelitian: dari 146 mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi, sebagian besar mempunyai prestasi akademik yang sangat memuaskan yaitu 84 mahasiswa (57,53%). Hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan nilai ρ (0,62) lebih besar dari ρ (0,05).

Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa program studi d3 (tiga) kebidanan jurusan kebidanan poltekkes kemenkes gorontalo yang ditunjukkan dengan nilai ρ (0,62). Mahasiswa diharapkan agar memperhatikan faktor lain untuk meningkatkan prestasi akademik selain motivasi belajar, meliputi: kecerdasan/ IQ, instrumental (kurikulum, sarana/ fasilitas), minat, bakat, dan cara belajar.


Keywords


Mahasiswa; Motivasi Belajar; Prestasi Akademik.

Full Text:

PDF

References


Daruyani, Y. Wilandari, and H. Yasin, “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa FSM Universitas Diponegoro Semester Pertama dengan Metode Regresi Logistik Biner,” J. FSM Undip, 2013.

Kusbiantoro, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester I Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Muhammadiyah Lamongan Tahun Akademik 2013/ 2014,” J. Progr. Stud. Ilmu Keperawatan Stikes Muhammadiyah Lamongan, 2014.

Y. Jahja, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media, 2011.

D. G. Myers, Exploring Psyhology (8th Edition). Belmont: Wadsworth: Cengage Learning, 2011.

E. R. Umboh, B. J. Kepel, and R. S. Hamel, “Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi pada Akademik Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado,” e-journal Keperawatan, vol. 5, no. 1, 2017.

Afzal, I. Ali, M. A. Khan, and K. Hamid, “A Study of University Students Motivation and Its Relationship With Their Academic Performance,” Int. J. Bus. Manag., 2010.

Guay, Ratelle, Roy, and Litalien, “Academic Self-Concept, Autonomous Academic Motivation, and Academic Achievement: Mediating and Additive Effects,” J. Learn. Individ. Differ., vol. 2, pp. 644–653, 2010.

A. K. Riezky and A. Z. Sitompul, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama,” J. Aceh Med., vol. 1, no. 2, pp. 79–86, 2017.

A. Nursmiaji, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNNES,” Semarang, 2015.

Winkel, Psikologi Belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2007.

Sobur, Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia, 2006.

D. R. Retnowati, A. Fatchan, and I. K. Astina, “Prestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang,” J. Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 521–525, 2016.

Murdayah, D. N. Lilis, and E. Lovita, “Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kecemasan pada Ibu Bersalin,” J. Heal. Sci. Res., vol. 3, no. 1, 2021, doi: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v3i1.8467.

Dalyono, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

U. Safinah, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Indeks Prestasi Komulatif Pada Mahasiswa Diploma IV Bidan Pendidik Semester V di Stikes ’Aisyiyah Yogyakarta,” Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ’Aisyiyah Yogyakarta, 2016.




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v5i1.10276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.