BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN ANC DI BIDAN DESA KUNGKAI KECAMATAN BANGKO WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGKO TAHUN 2017

dewi noviska

Abstract


AKI di Indonesia sampai saat ini masih tinggi, dan ini merupakan masalah
kesehatan yang sampai saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Untuk itu
pemerintah mengadakan suatu program salah satunya adalah program ante natal
care. Untuk mengetahui berhasilnya program pelayanan antenatal care dilakukan
dengan pendataan cakupan antenatal care. Berdasarkan survei awal yang telah
dilakukan di Bidan Desa Kungkai Tahun 2017 terdapat rendahnya cakupan
pelayanan antenatal care. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui beberapa
faktor yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan ANC di Bidan Desa
Kungkai Kecamatan Bangko wilayah kerja Puskemas Bangko tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan metode analitik menggunakan rancangan
cross sectional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang
memeriksakan kehamilan di Bidan Desa Kungkai Kecamatan Bangko Tahun 2017
yang berjumlah 64 orang.Hasil penelitian didapatkan dari 64 orang ibu hamil
tersebut dilihat dari IKM setelah dikonversi yaitu 56,6 dengan mutu pelayanan C
kinerja unit pelayanan kurang puas. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan kuesioner, pengolahan data dengan manual, analisis data bivariat
dengan Chi Square Test.
Hasil analisis menunjukkan ada hubungan antara umur, pendidikan dan
status pekerjaan dengan kepuasan terhadap pelayanan ANC di Bidan Desa
Kungkai Tahun 2017. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh bidan
desa supaya dapat memberikan pelayanan yang bermutu untuk meningkatkan
derajat kesehatan masyarakat di Desa Kungkai Kabupaten Merangin.

Keywords


ANC dan mutu pelayanan

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI dan BKKBN. Survei

Demografi Kesehatan Indonesia.

Jakarta; 2012.

Salmah & Rusmiati. Asuhan

Kebidanan Antenatal. Jakarta.

EGC; 2006.

Dinas Kesehatan Propinsi Jambi.

Buku Profil Kesehatan Provinsi

Jambi 2014. Jambi; 2014.

Saifudin, AB. Buku Acuan

Nasional Pelayanan Kesehatan

Maternal dan Neonatus. Jakarta:

Bina Pustaka Prawirohardjo;

United Nations. Millenium

Development Goals 2013. New

York: UN; 2013.

Departemen Kesehatan RI. Profil

Kesehatan Indonesia Tahun 2014.

Jakarta: Kemenkes; 2014.

PohanI.Jaminan mutu layanan

kesehatan. Jakarta: EGC; 2007.

Hafizurrachman. Pengukuran

Kepuasan Suatu Institusi

Kesehatan. Majalah Kedokteran

Indonesia.2004; 54(7).

Suryadi. Analisis Pengaruh

Persepsi Mutu Layanan Antenatal

Care (ANC) Terhadap Kepuasan

Ibu Hamil di Pskesmas

Lamepayung Kabupaten

Kuningan Propinsi Jawa Barat,

Unipersitas Diponegoro,

Semarang; 2009.

LoudonDLandDella BittaA.

Consumer Behaviour: Concepts

and Applications; 1988.

Putri EC (2012) Faktor-faktor

Kepuas an Ibu Hamil

padaPelayanan Antenatal

CareDan Post Persalinan Di RB

Srilumintu Surakarta. Tesis.

Surakarta: UMS; 2012.




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v1i1.2129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.