ANALISIS IMPLEMENTASI HAND HYGIENE DAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN DALAM PELAKSANAANNYA DI RSUD DR. RM. DJOELHAM BINJAI

Roy Aditya, Juliandi Harahap, Chairulsyah Putra

Abstract


ABSTRAK

 

Dikalangan petugas kesehatan, hand hygiene sangatlah penting dilakukan, dan jika tidak melakukan akan beresiko untuk menyebarkan infeksi baik dari petugas ke pasien ataupun sesama petugas kesehatan lainnya. Mencuci tangan dengan sabun dan air menghilangkan 92% organisme penyebab penyakit infeksi di tangan. Di Indonesia rata-rata prevalensi infeksi adalah sekitar 9,1% dengan variasi kejadian infeksi sebesar 6,1% - 16,0%. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa implementasi hand hygiene dan perilaku tenaga kesehatan dalam penggunaanya di RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai Tahun 2020.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Penelitian ini akan dilaksanakan di RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai. Populasi penelitian adalah seluruh perawat dokter dan bidan yang bekerja di RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai yang berjumlah sebanyak 210 orang dengan jumlah sampel sebanyak 186 orang berdasarkan hasil perhitung sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara langsung. Pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan kuesioner dan diolah kedalam SPSS dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat.

Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa responden yang pelaksanaan hand hygiene baik sebanyak 132 orang (71,0%) dan responden yang pelaksanaan hand hygiene buruk sebanyak 54 orang (29,0%). Hasil uji statistik chi square didapat pengetahuan, sikap dan praktek memiliki hubungan dengan implementasi hand hygiene dengan nilai p lebih kecil dari 0,05. Hasil uji regresi logistik berganda diketahui sikap dengan nilai sig=0,001 Exp(B) 6,531 dan praktek dengan nilai sig=0,000 Exp(B) 11,546.

Kesimpulan dari penelitian dapat diketahui bahwa sikap dan praktek merupakan variabel yang paling mempengaruhi petugas kesehatan dalam pelaksanaan hygiene. Disarankan kepada petugas kesehatan khususnya tenaga medis seperti dokter, bidan dan perawat selalu memperhatikan kebersihan diri dan tangan yang hygiene sehingga dalam pelaksanaan kegiatan medis dapat berjalan dengan baik tanpa menimbulkan kendala dalam setiap praktek.


Keywords


Kata Kunci : Hand Hygiene, Perilaku Tenaga Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Desiyanto FA, Djannah SN. 2013 . Efektivitas mencuci tangan menggunakan cairan pembersih tangan antiseptik (hand sanitizer) terhadap jumlah angka kuman. J Kesehat Masy (Journal Public Health.

Fauzia N, Rahmawati R. 2018. Pengaruh faktor individu terhadap kepatuhan perawat dalam melaksanakan hand hygiene. J Ilmu Keperawatan.

Muhammad T. 2015. Metode Penelitian Ekonomi, Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Notoatmodjo S. 2014. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Vol. 20, Jakarta: rineka cipta.

Notoatmodjo S. 2010. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta;

Nurbaety N, Baharuddin A, Amelia AR, Julianti S. 2019. Penerapan Standar Prosedur Operasional (SPO) Hand Hygiene pada Tenaga Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. In: Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Organization WH. 2016. Global guidelines for the prevention of surgical site infection. World Health Organization;

Purwatiningsih S. 2015. Pengaruh penggunaan hand sanitizer terhadap kepatuhan cuci tangan perawat pelaksana di ruang rawat inap RSU Assalam Gemolong. Unpubl thesis) Surakarta Stikes Kusuma Husada

Safety WHOP, Organization WH. 2012. WHO guidelines on hand hygiene in health care. World Health Organization

Rivai Nakoe, Nur Ayini S Lalu, Yesintha Amelia Mohamad. Perbedaan Efektivitas Hand-Sanitizer Dengan Cuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Bentuk Pencegahan Covid-19 Jambura Journal of Health Sciences and Research Vol 2, No 2 (2020) http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjhsr/article/view/6563 DOI:https://doi.org/10.35971/jjhsr.v2i2.6563

irwan skm .Model Of Local Wisdom Based-Community Empowerment Journal Health and Sciences Vol 4, No 1 (2020) > DOI:https://doi.org/10.35971/gojhes.v4i1.5377 http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/5377




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v4i2.7835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.