Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar

Karolina Damopolii, Manda Rohandi, Mohammad Ramdhan Arif Kaluku

Abstract


Pembelajaran dengan kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga menuntut siswa harus aktif dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya kreativitas berpikir dan hasil belajar siswa pada kelas X TKJ 1, SMK N 1 Gorontalo pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar materi merakit PC. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas berpikir dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif think pair and share. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian terdapat peningkatan kreativitas berpikir dan hasil belajar siswa setiap siklus. Mulai dari pelaksanaan pretest diperoleh nilai kreativitas berpikir siswa dengan persentase 47%, kemudian siklus I memperoleh persentase 67%, dan siklus II memperoleh persentase 90%, dan juga didukung oleh hasil data observasi pretest mendapat skor 70, siklus I skor 237, dan siklus II skor 365.  Sedangkan untuk nilai hasil belajar siswa pada pelaksanaan pretest diperoleh persentase ketuntasan 27%, siklus I memperoleh persentase 53%, siklus II memperoleh persentase 93%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif think pair and share dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ 1.

 


Keywords


Hasil Belajar; Kreativitas Berpikir; Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share

References


Alfiyana, N. A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Manusia Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Kelas X Teknik Pemesinan SMK NEGERI 3 JOMBANG. JPTM. Vol. 04, No.02, di akses tanggal 10 april 2020.

Arfiyani, A.L.A. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Melalui Metode Discovery Learning Di SDN Ngablak. [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Darmadi, hamid. 2015. Desain Dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta.

Ferawaty, dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Fisika di Tinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.5, No.1:Hlm.38

Handayani, D. R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol.4,No.2:Hal.3

Kusumastuti, Anisa. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui model Think Pair Share Berbantuan Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas V A SDN BOJONG, SALAMAN02 Kota Semarang. [Skripsi]. Semarang: Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v1i1.9648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License