DAMPAK EFISIENSI USAHATANI PADI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTVITAS

Sulistyorini Sulistyorini, Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract


Usahatani padi di Desa Kutukan dijalankan pada dua jenis lahan yang berbeda yaitu lahan irigasi dan tadah hujan. Perbedaan lahan ini akan mengakibatkan efisiensi dan produktivitas berbeda. Produktivitas yang tinggi menunjukkan bahwa usahatani efisien. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Membandingkan pendapatan usahatani padi; (2) Membandingkan efisiensi usahatani; (3) Mengetahui faktor produksi yang mempengaruhi produktivitas padi; serta (4) mengetahui perbedaan penggunaan faktor produksi pada usahatani padi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan, analisis efisiensi dan analisis faktor produksi dengan fungsi produksi Cobb-Douglas. Teknik pengambilan sampel mengunakan tehnik accidental sampling untuk lahan irigasi dengan responden sebanyak 30 petani sedangkan untuk lahan tadah hujan karena responden hanya ada 25 sehingga sampel diambil dengan metode sensus. Hasil analisis menunjukkan bahwa produktivitas padi lahan irigasi dan lahan tadah hujan masing-masing sebesar 74,12 Kw/Ha dan 59,17 Kw/Ha. Pendapatan usahatani padi lahan irigasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan usahatani padi lahan tadah hujan. Efisiensi usahatani padi lahan irigasi dan lahan tadah hujan tidak berbeda nyata dan masing-masing memiliki efisiensi sebesar R/C rasio 2,43 dan R/C rasio 2,38. Produktivitas padi di Desa Kutukan dipengaruhi oleh jenis lahan, jumlah pupuk urea dan tenaga kerja. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan bibit, urea, dan pestisida, sedangkan penggunaan SP36 dan tenaga kerja tidak ada perbedaan yang signifikan. Penggunaan bibit dan urea pada lahan tadah hujan lebih tinggi jika dibandingkan lahan irigasi dan penggunaan pestisida pada lahan irigasi lebih tinggi daripada lahan tadah hujan.


Keywords


Efisiensi Usahatani; Produktivitas; Pendapatan Lahan Irigasi; Pendapatan Lahan Tadah Hujan.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2001. Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Apriyantono, A. 2007. Acuan Penetapan Rekomendasi Pupuk N, P, dan K pada Lahan Sawah Spesifik Lokasi (Per Kecamatan). Jakarta: Kementerian Pertanian RI.

Arifin, B. 2007. Diagnosis Ekonomi Politik Pangan dan Pertanian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 2005. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Padi. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian.

Daniel, & Moehar. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: bumi aksara.

Fermadi, O., Prasmatiwi, F. E., & Kasymir, E. 2015. Analisis Efisiensi Produksi Dan Keuntungan Usahatani Jagung Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. JIIA, 3(1), 107–113.

Gaspersz, V. 2006. Continuous Cost Reduction Through Lean-Sigma Approach. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hernanto, F. 1991. Ilmu usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Hidayat, F., & Muis, A. 2014. Usahatani Padi Sawah Irigasi Setengah Teknis Dan Irigasi Desa Di Desa Pakuli Kecamatan Gumbasa. E-J. Agrotekbis, 2(April), 193–198.

Indah, L. S. M., Zakaria, W. A., & Prasmatiwi, F. E. 2015. Analisis Efisiensi Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Pada Lahan Irigasi Teknis Dan Lahan Tadah Hujan Di Kabupaten Lampung Selatan. JIIA, 3(3), 260–267.

Ken Suratiyah, I. M. S. 2015. Ilmu Usaha Tani (Edisi Revisi). Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Mubyarto. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3ES.

Noviani, E., Hasanah, U., & Wicaksono, I. A. 2018. Studi Komparatif Usahatani Padi Sawah Irigasi Dan Usahatani Padi Sawah Tadah Hujan (Studi Kasus di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo). Surya Agritama : Jurnal Ilmu Pertanian Dan Peternakan, 7(1).

Prasetya T. 2006. Penerapan Teknologi Sistem Usaha tani Tanaman-Ternak Melalui Pendekatan Organisasi Kelompok Tani (Suatu Model Pengelolaan Lingkungan Pertanian). Surakarta: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Rahim, & Retno, D. 2007. Ekonomika Pertanian. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sitinjak, W. 2019. Analisis Komparasi Pendapatan Usahatani Padi Sawah Sistem Irigasi dengan Sistem Tadah Hujan. Jurnal Integritas, 5(1), 1-9.

Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Bahasan Analisis Fungsi Produksi Cobb-Douglass. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wibowo, L. S. 2012. Analisis Efisiensi Alokatif Faktor-Faktor Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi (Oryza sativa L.) (Studi Kasus di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun). Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya (Dipublikasikan).

Widodo, Sri. 1989. Production efficiency of rice farmers in Java-Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yoko, B., Syaukat, Y., & Fariyanti, A. 2014. Analisis Efisiensi Usahatani Padi Di Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Agribisnis Indonesia, 2(2), 127–140.




DOI: https://doi.org/10.37046/jaj.v1i2.2680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Agribusiness Journal

Jambura Agribusiness Journal (P-ISSN: 2685-5860, E-ISSN: 2685-5771) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS