Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Andi Kurniadi, Irina Popoi, Melizubaida Mahmud

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi profesional guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Ini terlihat dari hasil analisis regresi dimana kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang mencapai 36,7% dan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh variabel lain.


Kata kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY :

 

Department of Economics Education, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo

Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.