PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

novita ahmad, Rosman Ilato, Boby R Payu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa kelas X jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto.Populasi pada penelitian ini adalah 166 orang siswa.Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 responden. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu kuesioner/angket sebanyak 30 pertanyaan yang terdistribusi 15 pertanyaan indikator Teknologi Informasi dan 15 pertanyaan indikator Minat Belajar Siswa. Adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data dan analisis regresi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Hal ini ditunjukan pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa mencapai 36 % dan sisanya 64 % minat belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Teknologi Informasi, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Renika

Cipta, 1995.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Syah, M. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Rakhmansyah, Agil, M. Al Musadieq & Heru Susilo. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja (Studi pada Karyawan PT. PLN Area Madiun). 2014. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 14 No. 1 Sepetember 2014 : 1 – 15.

Lucas, Henry J. 2000. Information Technology for Management, 7th ed. McGraw-Hill.

Widyawati, I., Sugiman, H. E. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Daya Kembang Anak. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 10, 6–12

Benar, A. &. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas CI IPS DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Hariyani, T. (2014). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Minat Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Bkkbn Kabupaten Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 3(2), 144. https://doi.org/10.25273/jap.v3i2.1219

Mulusi, & Wardiyanto, M. (2013). Perbedaan kemandirian anak antara model pembelajaran berbasis area dengan model berbasis klasikal di usia taman kanak-kanak. Jurnal Psikologi, 2(1), 56–61.

Purwanti, A. D. (2012). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru, 16(2), 1–6.

Sunadi, L. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–19.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Economic Education Journal



PUBLISHED BY :

 

Department of Economics Education, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo

Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.