HUBUNGAN JENIS, LAMA PEMAKAIAN DAN HARGA DIRI DENGAN RESILIENSI PENGGUNA NAPZA FASE REHABILITASI

Mohd Syukri

Abstract


Fenomena penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lain (Napza) di kalangan generasi muda semakin mencemaskan karena telah menjangkau hampir seluruh lapisan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan jenis napza, lama pemakaian dan harga diri dengan resiliensi pengguna pada fase rehabilitasi. Penelitian ini telah dilaksanakan di RSJD Provinsi Jambi, BNN Kota Jambi, dan yayasan Natura Kota Jambi dengan melibatkan responden sebanyak 65 orang melalui teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pengguna napza adalah pemakai lama, harga diri rendah dimiliki oleh sebagian besar responden, dan responden yang memiliki resiliensi sedang adalah terbanyak. Penemuan yang lain menunjukkan adanya hubungan bermakna antara lama pemakaian dengan resiliensi pengguna, adanya hubungan bermakna antara jenis napza dengan resiliensi pengguna, dengan adanya hubungan bermakna antara harga diri dengan resiliensi pengguna. Hasil temuan ini layaknya dapat digunakan sebagai salah satu bahan acuan dalam pemberantasan penyalahgunaan napza yang sering terjadi dimasyarakat melalui penyuluhan-penyuluhan, ataupun tindakan-tindakan yang diperlukan oleh pihak yang terkait.


Keywords


napza; lama pemakaian; harga diri; resiliensi; rehabilitasi

Full Text:

PDF

References


Coopersmith, S. (1967). The antecedents of self-esteem. San Francisco : Freeman and Company

Connor, K. M., & Davidson, M.D. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety. 18, 76-82.

Dalami, E. (2009). Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Jiwa. Jakarta: TIM

Dewanti, Suprapti. (2014). Resiliensi Remaja Putri terhadap Problematika Pasca Orang Tua Bercerai. Volume 3, No. 3. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya

Hidayati, (2014). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Resiliensi pada Remaja di Panti Asuhan Keluarga yatim Muhammadiyah Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi

Mustirah, D (2017). Resiliensi pada mantan pecandu napza di kampung narkoba- Madura. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim. Tidak dipublikasikan

Satria, Budi. Sazira. (2016). Resiliensi Pasien Napza Selama Masa Rehabilitasi. Vol 7 No.2. Banda Aceh. Bagian Keilmuan Keperawatan Komunitas, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala.

Setyowati, dkk. (2010). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Resiliensi pada Siswa Penghuni Rumah Damai. Vol 7. No. 1. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v1i2.2568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: