Efektivitas Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kementrian Agama Kota Gorontalo

Agung Nugraha, Asna Aneta, Sri Yulianty Mozin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kinerja ASN dalam pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo, (2) Faktor pendukung dan penghambat untuk mewujudkan efektivitas kinerja ASN dalam pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara pada informan yang terdiri dari Kepala Kantor, Kasubag Kepegawaian dan Kepala Hubungan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja ASN dalam pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo dilihat dari kualitas kinerja terwujud melalui dimensi tangible (berwujud), reliability (kehandalan), empathy (empati). Namun belum terwujud dalam dimensi responsiviness (respon/ ketanggapan) dan assurance (jaminan). Aspek kuantitas kinerja terwujud melalui penetapan target sesuai kemampuan yang rasional dan mekanisme kerja berdasarkan SOP. Namun belum terwujud dalam penyelesaian pekerjaan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Pada aspek ketepatan waktu terwujud melalui ketepatan waktu masuk dan pulang kerja, meninggalkan tempat kerja sesuai izin, dan memaksimalkan waktu kerja di tempat kerja. Namun belum terwujud penyelesaian pekerjaan yang menjadi tugas pokok pada jam kerja. Sedangkan Faktor pendukung untuk mewujudkan efektivitas kinerja ASN dalam pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo yaitu adanya motivasi kerja, pengembangan tingkat pendidikan/ pengalaman kerja sumber daya manusia, serta peralatan dan perlengkapan kerja seperti komputer, printer, gedung dan fasilitas lainnya. Faktor penghambat adalah kurangnya pelatihan pengembangan diri sumber daya manusia dan sarana/ prasarana kerja aplikasi SOP elektronik (e-SOP) yang belum diintegrasikan dalam pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo.

Keywords


Efektivitas; Kinerja Aparatur Sipil Negara; Pelayanan Publik



DOI: https://doi.org/10.37479/jjaps.v1i1.7323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Journal of Administrative and Public Service