Implementasi Self-Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia di Abad 21

Siti Nuraeni, Tonih Feronika, Luki Yunita

Abstract


Abad ke-21 ini ditandai dengan era revolusi industri 4.0 yang menuntut dunia pendidikan berbenah diri untuk dapat meningkatkan kualitas dari berbagai aspek. Salah satunya menciptakan peserta didik yang memiliki keterampilan 4C (Creativity and Innovation, Critival Thinking and Problem Solving, Communication, and Collaboration). Pada penelitian ini kami mengacu pada kemampuan berpikir kritis. Perkembangan keterampilan berpikir kritis ternyata dipengaruhi oleh faktor kepribadian, salah satunya self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-efficacy dan keterampilan berpikir kritis siswa serta keterkaitan dua variabel tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasional. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 63 siswa dari kelas XI MIPA di SMAN 2 Kab. Tangerang dipilih sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan angket Physic Learning Self-Efficacy yang diadaptasi dari Suprapto dan Chang (2017) dan tes uraian keterampilan berpikir kritis yang diadaptasi dari Ennis (1985). Hasil memunjukkan secara keseluruhan self-efficacy dan keterampilan berpikir kritis siswa berturut-turut sebesar 73,65 dan 65,71 dengan kategori baik


Keywords


self-efficacy; berpikir kritis; kimia

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1977). Self-efficacy: toward a ‎unifying theory of behavioral change. ‎Psychological Review, 84(2), 191.‎

Bandura, A. (2010). Self‐efficacy. The Corsini ‎Encyclopedia of Psychology, 1–3.‎

Cheung, D. (2015). The combined effects of ‎classroom teaching and learning strategy ‎use on students’ chemistry self-efficacy. ‎Research in Science Education, 45(1), ‎‎101–116.‎

De Bono, E. (2007). Revolusi berpikir. ‎Bandung: Mizan Media Utama.‎

Ennis, R. H. (1985). A logical basis for ‎measuring critical thinking skills. ‎Educational Leadership, 43(2), 44–48.‎

Ghanizadeh, A., & Mirzaee, S. (2012). EFL ‎learners’ self-regulation, critical thinking ‎and language achievement. International ‎Journal of Linguistics, 4(3), 451–468.‎

Gurcay, D., & Ferah, H. O. (2018). High School ‎Students’ Critical Thinking Related to ‎Their Metacognitive Self-Regulation and ‎Physics Self-Efficacy Beliefs. Journal of ‎Education and Training Studies, 6(4), ‎‎125–130.‎

Hidayat, A. (2017). Penjelasan Teknik ‎Purposive Sampling Lengkap Detail. ‎Retrieved August 28, 2019, from ‎https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html

Hoffman, B., & Schraw, G. (2009). The ‎influence of self-efficacy and working ‎memory capacity on problem-solving ‎efficiency. Learning and Individual ‎Differences, 19(1), 91–100.‎

Hohmann, J. W., & Grillo, M. C. (2014). Using ‎critical thinking rubrics to increase ‎academic performance. Journal of College ‎Reading and Learning, 45(1), 35–51.‎

Mabruroh, F., & Suhandi, A. (2017). ‎Construction of critical thinking skills test ‎instrument related the concept on sound ‎wave. In Journal of Physics: Conference ‎Series (Vol. 812, p. 12056). IOP ‎Publishing.‎

Pajares, F. (2002). Self-efficacy Beliefs in ‎Academic Setting: Review of Educational ‎Research. Florida: Educational Research ‎Council Research Bulletin.‎

Phan, H. P. (2009). Relations between goals, ‎self‐efficacy, critical thinking and deep ‎processing strategies: a path analysis. ‎Educational Psychology, 29(7), 777–799.‎

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan ‎Keterampilan Abad Ke-21 dalam ‎Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi ‎Pendidikan Kimia, 13(1).‎

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian ‎Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti ‎Pemula. Bandung: Alfabeta.‎

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran ‎Berbasis Komputer: Mengembangkan ‎Profesionalisme Abad 21. Bandung: ‎Alfabeta.‎

Santrock, J. W., & Santrock, J. W. (2007). ‎Psikologi Pendidikan edisi kedua. Kencana ‎Prenada Media Group.‎

Sukartono. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan ‎Dampaknya Terhadap Pendidikan di ‎Indonesia. Surakarta.‎

Sundari, P. D., Parno, & Kusairi, S. (2016). ‎Hubungan Antara Efikasi-diri dan ‎Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In ‎Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM ‎‎(pp. 405–415). Malang. Retrieved from ‎http://pasca.um.ac.id/wp-‎content/uploads/2017/02/Putri-Dwi-405-‎‎415.pdf‎

Suprapto, N., Chang, T.-S., & Ku, C.-H. (2017). ‎Conception of learning physics and self-‎efficacy among Indonesian university ‎students. Journal of Baltic Science ‎Education, 16(1), 7–19.‎

Sutarno, S., Setiawan, A., Suhandi, A., ‎Kaniawati, I., & Hamdani, D. (2018). ‎Model Higher Order Thinking Virtual ‎Laboratory: Model Praktikum Fisika ‎Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan ‎Pemecahan Masalah Secara Kreatif. Jurnal ‎Pendidikan Eksakta, 3(5).‎

Sya‘ban, A. (2005). Teknik Analisis Data ‎Penelitian Aplikasi program SPSS dan ‎Teknik Menghitungnya, 1-71. Universitas ‎Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.‎

Wilson, K., & Narayan, A. (2016). ‎Relationships among individual task self-‎efficacy, self-regulated learning strategy ‎use and academic performance in a ‎computer-supported collaborative learning ‎environment. Educational Psychology, ‎‎36(2), 236–253.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS