Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga

Ni Wayan Desni, Mangara Sihaloho, Masrid Pikoli

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning pada materi Larutan Penyangga di Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga dan diambil 2 kelas sebagai sampel. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan desain Pretest-Postest Nonequivalent Control Grup. Instrumen penelitian
berupa tes berpikir kritis dalam bentuk esay yang sudah di uji validitas dan reliabilitas. Tes yang digunakan berstatus valid dengan reliabilitas r = 0,72 (kategori tinggi). Analisis data menggunakan uji F untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Fhitung = 6,68 > Ftabel = 3,99 sehingga H0 berada pada daerah penolakan atau terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


Discovery Learning; Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Agustya, D. (2018). Efektivitas Model ‎Pembelajaran Discovery Learning ‎Berbasis Ethnomathematics ditinjau dari ‎kemampuan berfikir kritis siswa. ‎Lampung: Universitas Lampung.‎

Darmawan. (2018). Meningkatkan Kemampuan ‎Berpikir Kritis Siswa Melalui Model ‎Pembelajaran Problem Based Learning ‎Pada Materi Larutan Penyangga dikelas ‎XI SMA Negeri 1 Telaga. Universitas ‎Negeri Gorontalo.‎

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2013). Psikologi ‎Pendidikan: Teori dan aplikasi dalam ‎proses pembelajaran. Yogyakarta: Ar-‎Ruzz Media.‎

Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching and ‎learning: Menjadikan kegiatan belajar ‎mengajar mengasyikkan dan bermakna. ‎Bandung: Mizan Learning Center.‎

Kurniati, I. W., Pujiastuti, E., & Kurniasih, A. ‎W. (2017). Model Pembelajaran ‎Discovery Learning Berbantuan Smart ‎Sticker untuk Meningkatkan Disposisi ‎Matematik dan Kemampuan Berpikir ‎Kritis. Kreano, Jurnal Matematika ‎Kreatif-Inovatif, 8(2), 109–118.‎

Nikmah, A., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. ‎‎(2018). Efektivitas Discovery Learning ‎untuk Meningkatkan Kemampuan ‎Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep ‎Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan ‎Dan Pembelajaran Kimia, 7(2).‎

Oktaviana, I. A., Saputro, A. N. C., & Utami, B. ‎‎(2016). Upaya Peningkatkan Kemampuan ‎Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa ‎Melalui Penerapan Model Pembelajaran ‎Problem Based Learning (Pbl) Dilengkapi ‎Modul Pada Materi Kelarutan Dan Hasil ‎Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 1 ‎Gondang. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), ‎‎143–152.‎

Redhana, I. W. (2015). Liliasari. 2008. Program ‎Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis ‎pada Topik Laju Reaksi untuk Siswa ‎SMA. Jurnal Forum Kependidikan, 27(2), ‎‎103–112.‎

Sugiono, M. P. K., & Kuantitatif, P. (2007). ‎kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.‎

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA teori dan ‎praktik. Sumedang: Rizal Nur.‎

Sujatmika, S., Hasanah, D., & Hakim, L. L. ‎‎(2018). Effect of quantum learning model ‎in improving creativity and memory. ‎Journal of Physics: Conference Series, ‎‎1006(1), 12036.‎

Surya, M. (2014). Strategi Kognitif. Bandung: ‎Alfabeta.‎

Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model ‎pembelajaran IPA berbasis masalah untuk ‎meningkatkan motivasi belajar dan ‎berpikir kritis siswa SMP. Journal of ‎Primary Education, 1(1).‎

Widjajanti, D. B. (2011). Problem based ‎learning dan contoh implementasinya. ‎Makalah Universitas Negeri Yogyakarta.‎

Zarita, S. S., Halim, A., & Syukri, M. (2015). ‎Dampak Pembelajaran Problem Based ‎Learning (Pbl) Dengan Pendekatan ‎Saintifik Terhadap Berpikir Kritisdan ‎Sikap Siswa Pada Pembelajaran Fisika. ‎Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), ‎‎96–104.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS