Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya Lokal

Tamrin Taher

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pda mata pelajaran kimia menggunakan pendekatan berbasis budaya lokal. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan untuk pokok bahasan Koloid. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 22 orang. Jenis penelitian ini adalah Action Research atau penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang cukup signifikan dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Rerata Aktivitas belajar siswa pada pra-siklus sebesar 21% dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 72% serta 91% di siklus ke-II. Data tersebut manunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan melalui pembelajaran berbasis budaya lokal.

Keywords


aktivitas belajar, budaya lokal, koloid

Full Text:

PDF

References


Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar ‎Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.‎

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. (2008). ‎Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi ‎Aksara.‎

Firza. (2016). Local Wisdom Sebagai Dasar ‎dalam Pembentukan Karakter. In Seminar ‎Nasional Reforming Pedagogy. ‎Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu ‎Pendidikan Universitas Sanata Dharma.‎

Gay, G. (2000). Culturally Responsive ‎Teaching: Theory, Practice, and ‎Research. New York: Teachers College ‎Press.‎

Kemmis, S & Taggart, Mc. R. (1992). The ‎action Research Planner. Australia: ‎Deakin University.‎

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional ‎‎(Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan ‎Menyenangkan). Bandung: Remaja ‎Rosdakarya.

Oemar, H. (2005). Metode Belajar dan ‎Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: ‎Tarsito

Rahmawati, Y & Achmad, Ridwan. (2017) ‎Empowering students’ chemistry learning: ‎the integration of ethnochemistry in ‎culturally responsive teaching. Chemistry: ‎Bulgarian Journal of Science Education, ‎Volume 26 (6), 1-20.‎

Taher, T. (2018). Pengaruh Model Problem ‎Based Learning dan Tipe Kepribadian ‎Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ‎Siswa pada Materi Koloid. Journal Riset ‎Pendidikan Kimia Vol. 8(1), 8-34‎

Willingham & Rotherham, A. J. (2009). 21st ‎Century Skills: the Challenges Ahead ‎Educational Leadership Volume 67 ‎Number 1.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS