Kegiatan Laboratorium Kimia Berbasis Mini-Project Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Praktikum Uji Aldehid

Anis Trisusilosakti, Ratna Sari Siti Aisyah

Abstract


Kegiatan praktikum kimia di sekolah cenderung hanya membuat siswa melaksanakan panduan yang sudah ditentukan. Maka diperlukan suatu pembelajaran yang dapat mengajak siswa terlibat lebih aktif yaitu pembelajaran berbasis Mini-Project. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan laboratorium kimia berbasis Mini-Project terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh pre-test dan post-test, sedangkan peningkatan aktivitas siswa ditunjukkan oleh hasil observasi. Penelitian ini menggunakan metode quasy-experimental dengan Control Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa, yang terdiri dari kelas XII Mipa 5 dan XII Mipa 7 SMAN 1 Pandeglang tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis (pre-test dan post-test), dan lembar observasi yang sudah divalidasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan statistik. Berdasarkan hasil uji independent sample t test diperoleh sig 0,000 < 0,05 dengan effect size sebesar 0,99. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis Mini-Project dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan ukuran pengaruh dalam kategori “besar”.

Keywords


Mini-Project, hasil belajar, aktivitas siswa

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. Q., Saptorini, & Supardi, K. I. (2017). Keefektifan Pembelajaran Praktikum Berbasis Guided-Inquiry terhadap Keterampilan Laboratorium Siswa. Chemistry in Education, 6(1), 8–13.

Agustin, M., B, N. A. Y., & Rusdi. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66–72.

Barus, E. L., & Sani, R. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Usaha dan Energi di Kelas X Semester II. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 5(4), 16–22.

Dewi, M. A. C., Sugiarta, I. M., & Suarsana, I. M. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, 3(1).

Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 02(1), 49–55. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1738

Hakim, A., Liliasari, Kadarohman, A., & Syah, Y. M. (2015). Making a Natural Product Chemistry Course Meaningful with a Mini Project Laboratory. Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.1021/ed500930s

Kurniawati, L., Akbar, R. O., & Misri, M. A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Tadris Matematika, 4(2), 62–74.

Lupo, T., & Delbari, S. A. (2017). A knowledge-based exploratory framework to study quality of Italian mobile telecommunication services. Springer. https://doi.org/10.1007/s11235-017-0380-6

Nuhman, & Wilujeng, A. E. (2017). Pemanfaatan Ekstrak Antosianin dari Bahan Alam untuk Identifikasi Formalin pada Tahu Putih. Jurnal Sains, 7(14), 8–15.

Pamungkas, M. S. H., Mulyani, S., & Saputro, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran POE dengan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Kimia Siswa. PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 46–60. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16596

Permatasari, O. I., & Marwoto, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(2), 50–53.

Rosa, C. H., Antelo, F., & Rosa, G. R. (2018). Kinetics of Thermal-Degradation of Betanins : A Teaching Mini-Project for Undergraduates Employing the Red Beet. Journal of Food Science Education, 17, 104–110. https://doi.org/10.1111/1541-4329.12147

Silverstein, T. P. (2016). The Alcohol Dehydrogenase Kinetics Laboratory: Enhanced Data Analysis and Student-Designed Mini-Projects. Journal of Chemical Education.https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5b00610

Suarta, I. K., Adi, I. P. P., & Satyawan, I. M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. E-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2).

Taher, T. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya Lokal. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(2), 69-73.

Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi’’,’ 05(2), 213–222. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.121

Yunita, N. N., Wahyuni, S., & Suharso, P. (2016). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pendapatan Nasional (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pendapatan Nasional Kelas XI IPS 2 di MAN 2 Jember The Implemen. JURNAL EDUKASI, 3(3), 47–51.

Zahriah, Hasan, M., & Jalil, Z. (2016). Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 Darul Imarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04(02), 151–161.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i1.2681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS