Implementasi Kecerdasan Emosional dan Minat Siswa pada Pembelajaran Kimia

Dewi Kurnia Sari, Siti Suryaningsih, Luki Yunita

Abstract


Kimia merupakan pelajaran sulit karena memiliki konsep yang bersifat abstrak. Akibatnya siswa mengalami kesulitan belajar kimia sehingga hasil belajarnya rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi dan kontribusi dari kecerdasan emosional dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian berlokasi di dua SMAN Kota Tangerang dengan populasi seluruh kelas X dan 300 siswa sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket kecerdasan emosional dan minat serta nilai ujian akhir semester 1 untuk data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kecerdasan emosional dan minat memiliki korelasi dengan hasil belajar, 2) kecerdasan emosional dan minat memiliki kontribusi pada hasil belajar siswa sebesar 8,94%. Kesimpulannya kecerdasan emosional dan minat berperan dalam meningkatkan pemusatan perhatian siswa pada saat mata pelajaran kimia berlangsung.

Keywords


Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional, Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Kimia, Minat

Full Text:

PDF

References


Akram, T., Ijaz, A., & Ikram, H. (2017). ‎Exploring the Factors Responsible for ‎Declaining Student’s Interest in ‎Chemistry. International Journal of ‎Information and Education Technology, ‎‎7(2), 88–94. https://doi.org/10 18178/ijiet ‎‎2017 7 2 847‎

Anthony, O. O., Shabaan, H. M., Nassor, S. M., ‎& Anthony, O. O. (2019). A Study of ‎Performance in Chemistry among Lower ‎Secondary Government Schools in ‎Zanzibar, 7(2), 221–236.‎

Arlianty, W. N. (2017). An analysis of interest ‎in students learning of physical chemistry ‎experiment using Scientific approach. In ‎International Journal of Science and ‎Applied Science: Conference Series (Vol. ‎‎1, pp. 109–116). ‎https://doi.org/https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5 130‎

Delmang, T., & Gongdeng, E. (2016). ‎Ameliorating Sudent’s Performance and ‎Attitude towards Chemistry through ‎Chemistry Problem-Solving Techniques ‎‎(CPST). International Journal of ‎Scientific Research in Education (IJSRE), ‎‎9(2), 41–47.‎

Djaali. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: ‎Bumi Aksara. ‎https://doi.org/10.4018/978-1-4666-4530-‎‎1.ch016‎

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. ‎Jakarta: PT. Rineka Cipta.‎

Ebinagbome, M. E., & Nizam, D. I. (2016). The ‎Impact of Emotional Intelligence on ‎Student’s Academic Performance: ‎International Journal of Accounting and ‎Business Management, 4(1), 10–18. ‎https://doi.org/10.24924/ijabm/2016.04/v‎4.iss1/10.18‎

Fatmawati, N., Rizmahardian, & Kurniati, T. ‎‎(2019). Analisis Kesulitan Belajar ‎Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas X ‎IPA pada Mata Pelajaran Kimia di MAS ‎Al-Mustaqim Arang Limbung. Ar-Razi ‎Jurnal Ilmiah, 7(1), 65–72.‎

Flavian, H. (2016). Towards teaching and ‎beyond: Strengthening education by ‎understanding students’ self-awareness ‎development. Power and Education, 8(1), ‎‎88–100. ‎https://doi.org/https://doi.org/10.1177/175‎‎774381562 4118‎

Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional. ‎‎(T. Hermaya, Ed.). Jakarta: PT. Gramedia ‎Pustaka Utama.‎

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh kecerdasan ‎emosional dan minat belajar terhadap ‎penguasaan konsep matematika siswa ‎SMAN di kecamatan Kebon Jeruk. ‎Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan ‎MIPA, 5(1).‎

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. ‎Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.‎

Munandar, H. (2017). Hubungan Kecerdasan ‎Emosional dengan Hasil Belajar Siswa ‎Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota ‎Parepare pada Mata Pelajaran Kimia The ‎Correlation between Emotional ‎Intelligence with Learning Result of ‎Grade XI IPA Students at SMAN in ‎Parepare on Chemical Subjec, 18(1), 39–‎‎47.‎

Nursiyono, J. A. (2016). Kompas Teknik ‎Pengambilan Sampel. Bogor: IN MEDIA.‎

Omwirhiren, E. M., & Anderson, F. E. (2016). ‎Effect of Class Size and Students’ ‎Attitude on Academic Performance in ‎Chemistry at Demonstration Secondary ‎School, Ahmadu Bello University Zaria, ‎Nigeria. IOSR Journal of Research & ‎Method in Education, 6(1), 1–6. ‎https://doi.org/10.9790/7388-06120106‎

Pratama, A. T., & Corebima, A. D. (2016). ‎Contribution Emotional Intelligence on ‎Cognitive Learning Result of Biology of ‎Senior High School Students in Medan, ‎Indonesia. International Journal of ‎Environmental7 Science Education, ‎‎11(15), 8077–8087.‎

Purwanto, N. (2012). Prinsip-Prinsip dan ‎Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: ‎PT. Remaja Rosdakarya.‎

Rahmawati, K. P., Djaja, S., & Suyadi, B. ‎‎(2018). Pengaruh Minat Belajar Dan ‎Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi ‎Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 ‎Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun ‎Ajaran 2016/2017. JURNAL ‎PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah ‎Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu ‎Sosial, 11(2), 61–68. ‎https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpe‎.v11i2.6448‎

Rambe, N. A. P., Hasanah, U., & Chairunnisa, ‎N. (2017). Hubungan Kecerdasan ‎Emosional Dengan Hasil Belajar Anak ‎Usia Dini, 6(2), 90–94.‎

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis ‎kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X ‎Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian ‎Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29. ‎https://doi.org/https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431‎

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). ‎Hubungan Minat Belajar Siswa dengan ‎Prestasi Belajar Siswa Pada Mata ‎Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat ‎Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten ‎Kepahiang, 2(1), 78–81.‎

Saputra, S. (2017). Hubungan Regulasi Emosi ‎dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, ‎‎6(3), 96–100. ‎https://doi.org/https://doi.org/10.24036/02‎‎017637698-0-00‎

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan ‎kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi ‎belajar matematika. Formatif: Jurnal ‎Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). ‎https://doi.org/https://doi.org/10.30998/for‎matif.v2i2.93‎

Suralaga, F., & Solicha. (2010). Psikologi ‎Pendidikan. Jakarta: Lembaga Penelitian ‎UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.‎

Sutisna, T., Yusmansyah, & Andriyanto, R. E. ‎‎(2018). Meningkatkan Kecerdasan Emosi ‎Dengan Menggunakan Konseling Client ‎Centered, (1), 1–14.‎

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan ‎Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran ‎Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal ‎Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–‎‎202.‎

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan ‎Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja ‎Rosdakarya.‎

Uno, H. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi ‎Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i1.4170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Jenderal Sudirman No. 06, Kota Tengah, Kota Gorontalo, 96128, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2020 Universitas Negeri Gorontalo. Powered by Public Knowledge Project OJS