Diagnosa Miskonsepsi Siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo ‎pada Materi Termokimia

Mangara Sihaloho, Sutra S Hadis, Ahmad Kadir Kilo, Akram La Kilo

Abstract


Tanpa disadari, setiap siswa senantiasa memiliki miskonsepsi pada materi kimia. Diganosa ‎miskonsepsi sejak dini sangat penting untuk menghentikan miskonsepsi agar tidak berpemngaruh ‎pada konsepsi beikutnya dan hasil belajar yang buru. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk ‎mendiagnosa miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo pada materi termokimia dengan ‎cara tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat. Sebanyak 25 soal pilihan ganda tersebut telah valid ‎dan reliabel serta diujikan pada 65 siswa SMA tersebut. Hasil yang diperoleh bahwa jumlah siswa ‎yang mengalami miskonsepsi sangat rendah, rendah, dan sedang masing-masing adalah 60 (92%), ‎‎3 (5%), dan 2 (3%). Sementara, miskonsepsi dengan kategori tinggi dan sangat tinggi tidak ‎ditemukan. Indikator materi yang mengalami miskonsepsi banyak adalah soal tentang teori atau ‎konsep dibandingkan dengan perhitungan. Teori tersebut tentnag membedakan jenis reaksi ‎eksoterm dan endoterm dan membedakan macam-macam perubahan entalpi molar. Hal ini ‎mengindikasikan bahwa siswa lebih banyak menghafal daripada memahami materi termokimia. ‎Hasil diagnosa ini dapat dijadikan acuan untuk pembelajran termokimia agar guru dapat ‎menerapkan cara yang tepat dalam pembelajaran

Keywords


miskonsepsi; termokimia; tes diagnostik dua tingkat; SMA Telaga Gorontalo‎

Full Text:

PDF

References


Arsyad, M. A. M., Sihaloho, M., & La Kilo, A. ‎‎(2016). Analisis miskonsepsi pada konsep ‎hidrolisis garam siswa kelas XI SMAN 1 ‎Telaga. Jambura Journal of Educational ‎Chemistry, 11(2), 190–195.‎

Bait, D. J., Duengo, S., & La Kilo, A. (2018). ‎Pengaruh model pembelajaran simayang ‎tipe II terhadap peningkatan kemampuan ‎representasi kimia siswa kelas X pada ‎materi larutan elektrolit dan nonelektrolit ‎di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. ‎Jambura Journal of Educational ‎Chemistry, 13(2), 157–163.‎

Gonibala, A., Pikoli, M., & Kilo, A. La. (2019). ‎Validitas perangkat pembelajaran materi ‎ikatan kimia berbasis model pembelajaran ‎pemaknaan untuk melatihkan sensitivitas ‎moral siswa SMA. Jambura Journal of ‎Educational Chemistry, 1(1), 1–6. ‎https://doi.org/10.34312/jjec.v1i1.2067‎

Greenbowe, T., & Meltzer, D. (2003). Student ‎learning of thermochemical concepts in the ‎context of solution calorimetry. ‎International Journal of Science ‎Education, 25(7), 779–800.‎

La Kilo, A. (2017). Solusi rumus derajat ‎keasaman reaksi asam basa pada larutan ‎penyangga dengan metode mol awal ‎‎(rumus akram). PATEN, 8(1065).‎

Laliyo, L. A. R., Kau, M., La Kilo, J., & La ‎Kilo, A. (2020). Kemampuan siswa ‎memecahkan masalah hukum-hukum ‎dasar kimia melalui pembelajaran inkuiri ‎terbimbing. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 8(1), ‎‎1–8. https://doi.org/10.29406/ar-‎r.v8i1.1875‎

Maksum, M. J., Sihaloho, M., & La Kilo, A. ‎‎(2017). Analisis kemampuan pemahaman ‎siswa pada konsep larutan penyangga ‎menggunakan three tier multiple choice ‎tes. Jambura Journal of Educational ‎Chemistry, 12(1), 47–53.‎

Monoarfa, Z. P., La Kilo, A., & Botutihe, D. N. ‎‎(2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa ‎Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 3 ‎Gorontalo Utara pada Konsep Larutan ‎Penyangga. Jambura Journal of ‎Educational Chemistry, 12(2), 215–223.‎

Nasrudin, H., & Suyono, M. I. (n.d.). ‎PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DENGAN ‎MENGINTERKONEKSIKAN MULTIPEL ‎REPRESENTASI UNTUK MEREDUKSI ‎MISKONSEPSI LEARNING OF ‎THERMOCHEMISTRY BY CONNECTING ‎THE MUTIPLE REPRESENTATION FOR ‎REDUCTION MISCONCEPTIONS.‎

Rahayu, S. (2016). Peningkatan Keaktifan dan ‎Hasil Belajar Konsep Mol Menggunakan ‎Papan Permainan Monopoli Sebagai ‎Pembelajaran Paikem. Jurnal Penelitian ‎Tindakan Kelas, 17(5).‎

Rumape, O., Christopel, N., La Kilo, J., & La ‎Kilo, A. (2020). PENERAPAN ‎PEMBELAJARAN TEAMS GAMES ‎TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI ‎KARTU NAMA DARI TATA NAMA ‎SENYAWA KIMIA UNTUK ‎MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ‎SISWA. Jurnal Pendidikan Kimia ‎Indonesia, 4(1).‎

Saleh, R., Lukum, A., & La Kilo, A. (2018). ‎Model Pembelajaran Langsung Disertai ‎Hierarki Konsep Untuk Mereduksi ‎Miskonsepsi siswa Pada Materi ‎Termokimia DiKelas XI IPA SMA Negeri ‎‎2 Kota Gorontalo TA 2016-2017. Skripsi, ‎‎1(441412077).‎

Vosniadou, S. (1994). Capturing and modeling ‎the process of conceptual change. ‎Learning and Instruction, 4(1), 45–69.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.7133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS