Analisis Aliran Daya Pada Sistem Tenaga Listrik Sulawesi Utara dan Gorontalo Menggunakan Metode Fast Decoupled

Ruth Debora, Ervan Harun, Yasin Mohamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aliran daya dengan unjuk kerja ETAP 6.0 menggunakan metode Fast Decoupled pada sistem tenaga listrik Sulawesi Utara dan Gorontalo, Mengetahui kondisi tegangan pada penambahan beban, dan mengetahui daya aktif (MW), daya reaktif (MVar), dan arus (Ampere) pada sistem tenaga listrik Sulawesi Utara dan Gorontalo. Data penelitian ini diperoleh dari Area Penyaluran dan Pengaturan Beban (AP2B) Tomohon Sulawesi Utara yaitu data transformator, generator tiap pembangkit, jumlah beban setiap Gardu Induk (GI), gambar diagram single line sistem tenaga listrik Sulawesi utara dan Gorontalo yaitu Sistem interkoneksi tenaga listrik 150 kV dan 66 kV Gorontalo selanjutnya dilakukan simulasi pada program Etap dengan metode fast decoupled yang sudah integrasi pada program.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Gardu Induk sistem tegangan nominal 66 kV yang tersambung dengan berbeda besar beban (MW) dan kapasitas pembangkit yang tetap maka kondisi tegangan masih diperbolehkan dan untuk sistem 150 kV terjadi naik tegangan saat sistem tersambung pada beban rendah ada beberapa Gardu Induk terjadi naik tegangan yang melebihi batas kritis (Critical Over Voltage) yaitu terjadi pada GI Lolak, Boroko, dan Isimu dengan tegangan melebihi 157,5 kV. Dan untuk beban puncak, beban bertambah 20%, beban bertambah 40% dan beban bertambah 60% kondisi tegangan masih diperbolehkan menurut SPLN 1:1978 tentang standar tegangan dan Grid Code Sulawesi yang menjelaskan karakteristik untuk kerja jaringan bahwa batasan tegangan sistem dengan tegangan nominal 66 kV dan 150 kV memiliki standar kondisi normal +5% naik tegangan (Over Voltage) dan -10% turun tegangan (Under Voltage).


Full Text:

PDF

References


Chandra, Ferdian Ariesta Adhi, dkk. 2013. Analisis Aliran Daya Menggunakan Metode Probabilistik Pada Sistem Interkoneksi 500 kV Jawa-Bali. (Jurnal). Surabaya: Institut Teknik sepuluh Nopember (ITS) Fakultas Industri, Jurusan Teknik Elektro.

Eko, Perdana Putra Amin. 2010. Studi Aliran Daya menggunakan metode Fast Decoupled (Aplikasi: system kelistrikan PT.PLN Sumatera bagian selatan subsistem Sematera selatan 150 kV). (Jurnal).Padang: Universitas Andalas Padang Jurusan Teknik Elektro.

Fauzi, Muhamad Rizki, dkk. 2014. Pengaturan Slack Bus Dalam Mengoptimalkan Aliran Daya Pada Kasus IEEE 30 Bus Menggunakan Metode Newton Rhapson Pada Aplikasi Matlab 7.0. (Jurnal).Gorontalo: Universitas Ichsan Gorontalo, Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro.

Harun, Ervan Hasan., Taufiq Ismail. 2012. Analisis Aliran Daya pada Sistem Tenaga Listrik 150kV Gorontalo Menggunakan Metode Newton Rhapson. (Jurnal). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro.

Grid Code Sulawesi (Karakteristik untuk kerja jaringan transmisi)

Laksono, Heru Dibyo. 2007. Pebandingan Metoda Newton Rhapson dan Metoda Fast Decoupled pada studi aliran daya (Aplikasi PT.PLN Sumbar-Riau 150 kV).(Jurnal).Padang: Universitas Andalas Padang Jurusan Teknik Elektro.

Rohman, Abdul. 2015. Setting Rele Arus Lebih Pada SUTT 150 kV Sistem Gorontalo (Studi Kasus di GI Isimu).(Skripsi). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro.

SPLN 1:1978 Tegangan – tegangan standar Variasi Tegangan Pelayanan.

Sulistiyono, Dwi. Perbandingan Metode Gauss Seidel, Metode Newton Rhapson, Metode Fast Decoupled Dalam Solusi Aliran Daya. (makalah tugas akhir). Universitas Diponegoro: Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro.

Zainuddin, Muammar, dkk. 2015. Analisis Implementasi Static Synchronous Compensator (STATCOM) pada saluran transmisi 150 kV. (Jurnal). Gorontalo: Universitas Ichsan Gorontalo, Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjeee.v1i1.2723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:
Electrical Engineering Department
Faculty of Engineering
State University of Gorontalo
Jenderal Sudirman Street No.6, Gorontalo City, Gorontalo Province, Indonesia
Telp. 0435-821175; 081340032063
Email: redaksijjeee@ung.ac.id/redaksijjeee@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.