Pengaruh Polutan Taklarut Terhadap Ketahanan Isolator (Studi Kasus PLTU Molotabu)

Agung Anwar, L.M Kamil Amali, Yasin Mohamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informai mengenai tegangan lewat denyar dan arus bocor yang  diakibatkan oleh iklim serta polusi pembakaran batu bara yang menyebabkan adanya pelapisan polutan dipermukaan isolator. Metoda pemberian lapisan polutan pada permukaan isolator dengan cara menyemprotkan polutan pada permukaan isolator dengan beberapa kondisi pengujian. Metode pegujianya dengan cara diberikan tegangan tinggi sampai terjadi tegangan lewat denyar. Data hasil pengukuran memperlihatkan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara polutan yang dilapisi pada permukaan isolator dan ESDD yang melekat pada permukaan isolator. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari beberapa kondisi pengujian, maka pada kondisi kering takberpolutan nilai tegangan lewat denyar paling tinggi dan pada kondisi basah perpolutan nilai tegangan lewat denyar paling rendah

Full Text:

PDF

References


Amali Kamil Mohamad Lanto, 2012 “Analisis Pengujian Arus Bocor Line Post Insulator 70 kV yang Terkontaminasi Polutan Industri”.

Jatmiko, Asy’ari H. 2003. “Tegangan Flashover Pada Bahan Isolator Resin Epoksi (DGEBA) yang Terpengaruh oleh Polutan Garam Parangtritis”.

SPLN 10-3B: 1993. “Tingkat Intensitas Polusi sehubungan dengan Pedoman pemilihan Isolator”. Jakarta: Departemen Pertambangan dan Energi, Perusahaan Umum Listrik Negeri.

Suyanto,muhammad, 2011. “Akibat penumpukan kontaminasi udara di permukaan isolator pada saluran distribusi 20 kV dapat mengakibatkan rugi daya listrik”,Seminar elektrik,informatics,and its education.

Milan Jones & Syahrawardi, 2016. “analisis Pengaruh Polutan Pada Isolator Kaca Terhadap Distribusi Tegangan Isolator rantai”.

Suysnto Muhammad, 2010. “Pengujian Isolator Pin-Post 20 KV Terkontaminasi Garam Mengakibatkan Arus Bocor Flashover Pada Permukaan”.

Setiaji, Dwi E Muhammad ,dkk, 2012. “Pengujian tegangan flashover dan arus bocor pada isolator 20 kv berbahan resin epoksi silane kondisi basah dan kering”.

Bonggas L. Tobing & Mustafriend Lubis, 2008, “Hubungnan Intensitas Polusi isolator jaringan distribusi Sumatera Utara dengan Jarak Lokasi Isolator dari Pantai”.

Syahrawardi, Alfonso Manogari Siregar,2015. “Pengaruh Hujan Terhadap Tegangan Lewat Denyar Isolator Piring Terpolusi”.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjeee.v1i2.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:
Electrical Engineering Department
Faculty of Engineering
State University of Gorontalo
Jenderal Sudirman Street No.6, Gorontalo City, Gorontalo Province, Indonesia
Telp. 0435-821175; 081340032063
Email: redaksijjeee@ung.ac.id/redaksijjeee@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.