Rancang Bangun Running Text pada Dot Matrix 16X160 Berbasis Arduino Uno Dengan Update Data System Menggunakan Perangkat Android Via Bluetooth

Abd Wahid A. Antu, Syahrir Abdussamad, Iskandar Z. Nasibu

Abstract


AbstrakUmumnya running text digunakan untuk menampilkan informasi yang biasanya digunakan pada minimarket, hotel, gedung pernikahan dan lampu lalu lintas, biasa pengontrolannya tersebut  menggunakan komunikasi Infrared, WIFI, SMS (Short Message Service). Akan tetapi penggunaanya masih kurang efisien dibandingkan dengan bluetooth yang mempunyai fitur-fitur keamanan enkripsi data, autentikasi user , fast frekuensi-hopping (1600 hops/sec), output power control yang menyediakan fungsi-fungsi keamanan dari tingkat layer fisik/ radio yaitu gangguan dari penyadapan sampai dengan tingkat keamanan layer yang lebih tinggi seperti password dan PIN dan konsumsi daya tidak terlalu tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu, merancang aplikasi android update data running text pada panel LED Matrix p10 melalui perangkat smartphone dengan aplikasi via bluetooth dan perancangan alat display running text Panel LED p10 dengan metode experimen. Adapun tahapan pembuatan alat menggunakan bluetooth HC-05, sensor suhu (DHT11) untuk ditampilkan pada papan informasi display, RTC (real time clock) 3231 sebagai pembaca waktu untuk menampilkan jam, hari , tanggal, dan panel LED p10 16x60 untuk menampilkan running text. Kemudian untuk pembuatan aplikasi android menggunakan perangkat lunak App Inventor, dimana aplikasi pengontrolan running text diberi nama running text controller (RTC).

Rancang bangun alat dan aplikasi dalam penelitian ini membuahkan hasil aplikasi android dengan pengontrolan bluetooth, dinilai dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi saat penggantian text pada papan display LED matrix 16x160.  Rata-rata kecepatan penggantian text bisa dicapai 1,0 detik secara real time dengan jarak  < 15 meter, dan mampu menampung maksimal 255 karakter. berdasarkan hasil penelitian sistim yang dibangun dapat berfungsi dengan baik.

Kata kunci: Arduino Uno, Bluetooth, LED matrix 16x160, Running text, aplikasi android, papan informasi.

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Arduino. (2018). Arduino Uno. Retrieved April 18, 2018, from https://store.arduino.cc/arduino-uno-rev3

Fransiscus, Harianto, S. T. R. (2016). Rancang Bangun Alat Pembatas Arus Listrik Dan Monitoring Pemakaian Daya Pada Rumah Sewa Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Journal of Control and Network Systems, 5(1), 136–143.

Haryanto, D. H., Ridwan, W., Pd, I. Z. N. S., & Eng, M. (n.d.). Rancang Bangun Model Pengontrol Katup Air Pdam Bone Bolango Berdasarkan Tingkat Kekeruhan Air Menggunakan Arduino Uno.

Irvan, M. (2019). Rancang Bangun Pengatur Suhu dan Kelembaban Ruang Server Berbasis IoT. palembang.

Kanoi Y. H., Abdussamad S., Dali S. W., (2019). Perancangan Jam Digital Waktu Sholat Menggunakan Arduino Uno. Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering. Volume 1 Nomor 2 Juli 2019.

Putra, P. S., Rochim, A. F., Widianto, E. D., & Pratami, M. P. (2014). Alat Pembangkit Suara Ultrasonik Otomatis untuk Merangsang Pembukaan Stomata Tanaman Menggunakan Mikrokontroler ATMega328P Yang Dilengkapi Dengan Panel Surya. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 2(4),288 - 297. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.2.4.2014.288-297

Rumimper, R. (2016). Rancang Bangun Alat Pengontrol Lampu Dengan Bluetooth Berbasis Android. Teknik Elektro Dan Komputer, 5(3), 24–33.

Simanjuntak, I. U. V, & Suhendar, A. (2018). Rancang Bangun Running Text P10 16x32 Berbasis Arduino Uno Dengan Komunikasi SMS ( Short Message Service ), IV(2), 116–124.

Syahwill, M. (2013). Panduan Mudah Simulasi Dan Praktek Mikrokontroler Arduino. (T. A. Prabawati, Ed.). Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.