Analisis Intensitas Cahaya pada Gedung Central Medical Unit di Rumah Sakit Umum Daerah Prof.DR.H. Aloe Saboe Kota Gorontalo

Yunan Daud, Frengki Eka Putra Surusa, Steven Humena

Abstract


Pengukuran intensitas cahaya pada gedung CMU dibagi dalam beberapa ruangan. Setelah mengetahui Hasil dari pengukuran maka langkah selanjutnya adalah perhitungan masing-masing ruangan untuk mendapatkan hasil evaluasi dari besarnya intensitas cahaya berdasarkan standar PERMENKESRI No 24 Tahun 2016 Tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit. Hasil pengumpulan data diolah dengan metode deskriptif. Data di analisis secara univariat dengan cara menganalisis data dalam tabel. Setelah memperoleh data yang dibutuhkan, maka dilakukan pengukuran intensitas cahaya secara langsung di masing-masing ruangan. Dari hasil pengukuran keseluruhan disetiap ruangan pada gedung CMU dapat dianalisa bahwa tingkat pencahaayaan atau lux rata-rata untuk semua ruangan masih dibawah standar yaitu 80% dari standar yang telah ditentukan. Sehingga dapat dikategorikan dibawah standar berdasarkan PUIL 2000. Hal ini dikarenakan pengaruh luas ruangan yang tidak sesuai dengan jumlah lampu yang terpasang, kondisi lampu yang sudah kusam/kotor sehingga cahaya yang keluar dari lampu tidak dapat keluar secara maksimal, armatur pada titik lampu kurang bersih sehingga cahaya yang keluar terhalang oleh debu, dan warna dinding sudah mulai pudar sehingga visualisasi cahaya tidak keluar secara maksimal.

Full Text:

PDF

References


RSAS, “Gambaran Umum RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe, 2017.

DIKES, “Profil Kesehatan”, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Vol. 3, 2013.

R. P. B. Astuti, "Instruksi Presiden Republik Indonesia No 13 Tahun 2011 Tentang Penghematan Energi dan Air," Vol. 34, 2011.

Guntur. B, Putra A. & Madyono. G, "Analisis Intensitas Cahaya Pada Area Produksi Sesuai Dengan Standar Pencahayaan ( Studi Kasus Di PT . Lendis Cipta Media Jaya)," Vol. 10, No. 2, pp 115–124, 2017.

Permenkes, 2016. Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Persyaratan Teknis Bangunan Dan Prasarana Rumah Sakit, Indonesia.

Suhendar, E. Efendi, Herudin, "Audit Sistem Pencahayaan dan Sistem Pendingin Ruangan di Gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon," Setrum, Vol. 2, No. 2, pp 21–27, 2013.

Latifah, "Optimalisasi Pemakaian Daya Tersambung (KVA) Pada RSUD Dr . Abdul Aziz Singkawang," Jurnal ELKHA, Vol. 7, No. 2, pp 7–12, Oktober 2015.

BSN. Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011 (PUIL 2011), Standar Nasional Indonesia, SNI 0225:2011.

Tukiman, E. Karyanta, B. Santoso, “Perancangan Sistem Penerangan Bangunan Iradiator Gamma Kapasitas 200 kCi,” Prima, Vol. 12, No. 1, pp 38-44, Juni 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.