FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN PADA IBU BERSALIN

Murdayah ., Dewi Nopiska Lilis, Endah Lovita

Abstract


Kehamilan bagi seorang wanita (primigravida) merupakan masalah baru yang dapat mendatangkan kecemasan dalam hidupnya. Kecemasan yang mengganggu merupakan respons terhadap ancaman masa depan yang dibayangkan bukan bahaya yang sesungguhnya masa kini. Kecemasan ibu bersalin banyak dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya dukungan keluarga/suami, ibu hamil yang usianya muda, tingkat pendidikannya yang rendah dan pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga.

Penelitian ini berjenis kuantitatif bertujuan untuk menguji hubungan dukungan suami, usia, pendidikan, dan pekerjaan dengan kecemasan ibu bersalin. Studi ini meneliti pada 34 ibu bersalin di BPM Nuri diwilayah kerja Puskesmas Putri Ayu. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) dengan menggunakan uji statistik univariat dan bivariat dengan taraf signifikansi sebesar 95% atau α =0,05.

Hasil analisis data terhadap 34 responden menyatakan ada hubungan yang signifikan antara dukungan suami dan pekerjaan dengan kecemasan ibu bersalin, sedangkan usia dan pendidikan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kecemasan ibu bersalin.

Dukungan suami dan pekerjaan dalam aspek psikologis berpengaruh pada kecemasan sehingga perlu diperhatikan untuk meminimalkan tingkat kecemasan.

 


Keywords


Dukungan suami, usia, pendidikan, pekerjaan, kecemasan ibu bersalin

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI. Kementrian Kesehatan RI. Departemen Kesehatan. 2017.

Lilis DN. Pengaruh Senam Hamil Terhadap Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil Trimester III The Effect Of Gymnastics on Lower Back Pain Among Pregnant Women Trimester III. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community [Internet]. 2019;3(2):40–5. Available from: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/2714

Irwan. Model of Hypertension Transmission Risks to Communities in Gorontalo Province. Indian J Public Heal Res Dev [Internet]. 2018;9(1):314–20. Available from: http://web.a.ebscohost.com/abstract?site=ehost&scope=site&jrnl=09760245&AN=129654861&h=67Bh2mgg6bgMw%2Bjd33%2F81ew58eEdrtMAENmnUdTmAU7uiWG6mfU%2BOGryIixfxULTVCTo9jlINMHeu6GtBGgoDw%3D%3D&crl=c&resultLocal=ErrCrlNoResults&resultNs=Ehost&crlhashurl=login.asp

Handayani R. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Menjelang Persalinan pada Ibu Primigarvida Trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2012. Ners J Keperawatan. 2012;11(1):62–71.

Heriani. Kecemasan dalam Menjelang Persalinan Ditinjau dari Paritas, Usia dan Tingkat Pendidikan. J Ilmu Kesehat Aisyah Stikes Aisyah Pringsewu Lampung. 2016;1(2).

Alza N, Ismarwati. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Ibu Hamil Trimester III. J Kebidanan dan Keperawatan. 2017;13(1):1–6.

Kadir S. Faktor Penyebab Anemia Defisiensi Besi Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Bongo Nol Kabupaten Boalemo. Jambura J Heal Sci Res [Internet]. 2019;1(2):1–5. Available from: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjhsr/article/view/2396/1552

Gary, Wulan P, Hijriyati, Yoanita, Zakiyah. Hubungan Karakteristik Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan Spontan di Puskesmas Kecamatan Makasar Jakarta Timur. J Kesehat Saelmakers Perdana. 2020;3(1).

Hasim RP. Gambaran Kecemasan Ibu Hamil. Skripsi Ilmu Kesehat Univ Muhammadiyah. 2018;

Rinata E, Andayani GA. Karakteristik Ibu (Usia, Paritas, Pendidikan) dan Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Ibu Hamil Trimester III. MEDISAINS J Ilm Ilmu-ilmu Kesehat. 2018;16(1).

Irwan, Lalu NAS. Pemberdayaan Masyarakat melalui pembentukan kelompok Warga Perduli Aids ( WPA ) Berbasis kearifan local. Pengabdi Kesehat Masy [Internet]. 2020;1(1):25–7. Available from: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jpkm/article/view/7286

Musahib AH, Waskito F, Syamsi N. Hubungan Antara Pendamping Persalinan, Umur dan Paritas Ibu Hamil dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan di Klinik Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Mabelopura Kecamatan Palu Selatan Sulawesi Tengah. J Kesehat Tadulako. 2015;1(1):11–5.

Kartikasari E, Hernawily, Halim A. Hubungan Pendampingan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Ibu Primigravida dalam Menghadapi Proses Persalinan. J Keperawatan. 2015;11(2).

Komariah N. Hubungan Antara Usia Ibu Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Postpartum di BPM Teti Herawati Palembang. JPP (Jurnal Kesehat Palembang). 2017;12(2).

Siallagan D, Lestari D. Tingkat Kecemasan Menghadapi Persalinan Berdasarkan Status Kesehatan, Graviditas dan Usia di Wilayah Kerja Puskesmas Jombang. Indones J Midwivery. 2018;1(2).

Zumriati WO, Hutagaol E, Wowiling F. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan di Poli Kia PKM Tuminting. E-journal Keperawatan (E-Kp). 2013;1(1).

Imawati N, Mufdlillah. Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Hamil Primigravida dengan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Persalinan di BPS Pipin Heriyanti, Bantul. Skripsi Stikes Aisyiyah Yogyakarta. 2010;




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v3i1.8467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p