Pengembangan Sistem Informasi Layanan Servis Mobil Berbasis Android

Putri Agisti Palita, Muhammad Rifai Katili, Salahudin Olii

Abstract


Pengembangan sistem yang bersifat mobile telah menjadi tuntutan kepada perusahaan untuk dapat tetap kompetitif dalam melayani konsumen. Masalah yang dihadapi pihak PT. HAG selaku perusahaan penyedia layanan/jasa di bidang otomotif adalah belum tersedia layanan yang bersifat real-time yang dapat mengurangi waktu tunggu untuk servis kenderaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu sistem informasi menggunakan platform berbasis Android untuk mengelola layanan servis mobil di PT HAG. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Waterfall. Untuk memastikan penggunaan aplikasi di sisi pengguna, digunakan pengujian System Usability Scale (SUS) terhadap sistem aplikasi yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem aplikasi berbasis android dapat menghasilkan data dan informasi servis mobil secara real time yang diperlukan oleh pelanggan. Hal ini dapat membantu perusahaan kepada peningkatan kualitas layanan servis mobil yang selama ini dijalankan pihak perusahaan, sekaligus sebagai strategi untuk perusahaan tetap kompetitif di tengah persaingan bisnis saat ini.


The development of mobile systems has become a demand for companies to be able to remain competitive in serving consumers. The problems faced by pt. HAG as a service provider in the utomotive field is that there is no real-time service that can reduce the waiting time for vehicle service. The purpose of this research is to develop an information system using an Android-based platform to manage car service data services at PT HAG. The system development method used is the Waterfall model. To ensure the use of applications on the user side, System Usability Scale (SUS) testing of developed application systems is used. The results of this study show that android-based application systems can generate real-time car service data and information required by customers. This can help the company to improve the quality of car service services that have been run by the company, as well as a strategy for the company to remain competitive amid the current business competition.

Keywords


manajemen layanan; model waterfall; servis mobil

References


Adiprasetyo, A. (2014). Rancang bangun aplikasi pelayanan jasa perawatan mobil pada PT Trikarya Abadi Sejaterah. http://sir.stikom.edu/id/eprint/1048/1/.pdf.

Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies. 8(2).

Dewi, dan Pramono, K. N. (2015). Pembuatan aplikasi pencatatan servis mobil di PT. Armada International Motor berbasis android. JNTETI. 4(4), 21-30.

Fakhri, A., M., Aknuranda, I., dan Pramono. D. (2018). Implementasi sistem informasi showroom mobil (SISMOB) dengan pemograman berbasis objek. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2(9), 2967-2974.

Hermawan, B. (2017). Pengembangan Sigram sebagai upaya peningkatan mutu layanan calon mahasiswa baru. https://widuri.raharja.info/index.php/TA1333376511

Hoffer, J. A., George, J. F., & Valacich, J. S. (2011). Modern systems analysis and design. 6th ed. Boston: Pearson.

Jayani, P., F. (2013). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Nasmoco Gombel Semarang Unit Bengkel. http://eprints.undip.ac.id/39707/ 1/JAYANI.pdf.

Safaat. N. (2012). Android pemograman aplikasi mobile smartphone dan tablet PC berbasis android. Bandung: Informatika.

Saputra, A., I. (2017). Aplikasi layanan bengkel mobil berbasis android di Kota Bandar Lampung. Lampung. Universitas Lampung.

Sulihati & Andriyani. (2016). Aplikasi akademik online berbasis mobile android pada Universitas Tama Jagakarsa. Jurnal Sains dan Teknologi Utama. 11(1), 15-26.

Tjiptono, F. (2012). Service management. Mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: Andi Offset.

Turban, E., & Volonino, L. (2012). Information technology for management. 8th ed. New York: Wiley.

Vargo, S. L., & Lusch, R. F. (2004). Evolving to a new dominant logic for marketing. Journal of Marketing. 68(1), 1-17.




DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v2i2.5934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JJI has been indexed by:
Sinta Crossref Scholar Garuda
Base Dimension ROAD SIS
ASCI







Editorial Office

Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia.Whatsapp: +6281314270499Email: jji.ft@ung.ac.id

 

Creative Commons Licence
Jambura Journal of Informatics (JJi), is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.