Analisis Konjoin dalam Menentukan Persepsi Mahasiswa Matematika terhadap Dosen

Muhammad Yahya Matdoan, Imanuel Y Rupilu, Yopi A Lesnussa, A Z Wattimena

Abstract


Analisis konjoin merupakan salah satu teknik analisis multivariat yang digunakan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap suatu produk, baik berupa barang atau jasa dengan cara mengkombinasikan jumlah nilai dari masing - masing atribut yang terpisah. Oleh karena itu, analisis konjoin sangat membantu untuk mengetahui preferensi mahasiswa dalam menentukan kriteria dosen yang diiginkan  di suatu perguruan tinggi. Dosen yang banyak melakukan interaksi dengan mahasiswa merupakan salah satu ciri dosen yang diharapkan mahasiswa. Hal tersebut berpengaruh pada motivasi belajar dan perilaku mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui preferensi mahasiswa jurusan matematika terhadap ciri-ciri dosen yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar. Faktor-faktor yang dijadikan sebagai atribut penelitian yaitu jenis kelamin dosen, penampilan dosen, karakter dosen, latar belakang pendidikan dosen, metode pembelajaran dan pemberian tugas serta interaksi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ciri-ciri dosen yang diharapkan lebih memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa adalah dosen yang banyak melakukan interaksi atau sesi tanya jawab dalam kelas dan pemberian tugas yang cukup.

Keywords


Analisis Konjoin; Persepsi; Mahasiswa; Dosen

References


[BPS] Badan Pusat Statistik, 2010, Statistik Indonesia Tahun 2010, Jakarta Pusat

Nurdin, S., 2005, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Press

Yulaelawati, E., 2007, Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi, Bandung: PT Pakar Karya

Tyasari, 2011, Pengaruh Kompetensi Profesionalisme Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan, Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, Vol.3, No.1: 28-35

Arikonto & Friska, H., 2006, Analisis Konsumen terhadap Atribut Etool sCard dengan Menggunakan Analisis Konjoin, Jakarta: Jurusan Teknik Universitas Indonesia

Wiwit, W., 2014, Penerapan Analisis Konjoin pada Prefensi Mahasiswa terhadap Pekerjaan di FMIPA USU, Jurnal Saintia Matematika, Vol.2, No.2: 38-46

Matdoan, 2014, Pengukuran Preferensi Pelanggan PT. PLN (Persero) dalam menentukan atribut rekening listrik prabayar dengan menggunakan analisis conjoin, Jurnal Barekeng, Vol.10, No.1: 37-46

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta

Hair, J.F., William, C.B., Barry, J.B., Rolph, E.A., & Ronald, L.T., 2006, Multivariate Data Analysis, 6th ed., New Jersey: Pearson Prentice Hall

Cochran, W.G., 2001, Teknik Penarikan Sampel, Jakarta: UI Press




DOI: https://doi.org/10.34312/jjom.v1i2.2318

Copyright (c) 2019 Jambura Journal of Mathematics





                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Jenderal Sudirman No.6, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo 96128, Indonesia
 Email: info.jjom@ung.ac.id
 +62-852-55230451 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics (p-ISSN: 2654-5616 | e-ISSN: 2656-1344) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.