Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik

Nosva Adam Yunus, Evi Hulukati, Ismail Djakaria

Abstract


Artikel ini membahas tentang pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran ditinjau dari gaya kognitif peserta didik. Jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain Faktorial  menggunakan uji analisis dua jalur dan uji Tukey. Metode pengumpulan data melalui pemberian tes kemampuan penalaran dan Group Embedded Figures Test (GEFT). Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran kontekstual subjek bergaya kognitif Field Independent menguasi lebih tiga dari empat indikator pemampuan penalaran matematis dengan nilai . Sementara pada pembelajaran langsung, subjek bergaya kognitif Field Independent hanya menguasi kurang tiga dari empat indikator kemampuan penalaran matematis dengan nilai nilai . Dengan demikian, terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran peserta didik yang mempunyai gaya kognitif Field Independent.

Keywords


Kemampuan Penalaran matematis; Pendekatan Kontekstual; Gaya Kognitif

Full Text:

PDF

References


NCTM, “Principle and Standards for School Mathematics.” [Online]. Available: http://www.nctm.org. [Accessed: 20-Sep-2018].

DEPDIKNAS, “Standar Kompetensi Matematika SMP.” [Online]. Available: http://www.puskur.net. [Accessed: 19-Sep-2018].

A. Banasuru, Filsafat dan Filsafat Ilmu. Bandung: Alfabeta, 2013.

B. I. Sappaile, “Hubungan Kemampuan Penalaran dalam Matematika dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 13, no. 69, pp. 985–1003, 2007.

R. Resmawan, “Hubungan antara Pesepsi Mahasiswa terhadap Keterampilan Dosen dalam Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika,” J. Euler, vol. 2, no. 2, pp. 129–134, 2014.

M. D. Kurniasih, “Pengaruh Pembelajaran React terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Habit of Mind Mahasiswa,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 29–38, 2017.

W. Hidayat, “Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 15–28, 2017.

A. Amir, “Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika,” Logaritma J. Ilmu-Ilmu Pendidik. dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 18–33, 2014.

S. Bahri, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematika Siswa dengan Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning) di SMA Swasta Al-Azhar Medan,” Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, 2011.

M. Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

K. Hutagaol, “Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama,” Infin. J., vol. 2, no. 1, pp. 85–99, 2013.

M. F. Amir, “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar,” in Seminar Nasional Pendidikan, 2015, pp. 34–42.

Slameto, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

N. Abbas, “Bahan Ajar Statistik Penelitian,” Gorontalo, 2012.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2591



Copyright (c) 2020 Jambura Journal of Mathematics





                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS

 Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Jenderal Sudirman No.6, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo 96128, Indonesia
 Email: info.jjom@ung.ac.id
 +62-852-55230451 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics (p-ISSN: 2654-5616 | e-ISSN: 2656-1344) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.