Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar

Caicy Magelo, Evi Hulukati, Ismail Djakaria

Abstract


Artikel ini membahas tentang perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran open-ended dan model pembelajaran langsung ditinjau dari motivasi belajar matematika. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain treatment by level 2 x 2. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Banggai Kab. Banggai semester genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematik dan instrumen motivasi belajar. Analisis data berpikir kemampuan berpikir kreatif matematik yang pengelompokannya didasarkan pada skor instrumen motivasi belajar yang menjadi variabel atribut mencakup motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Data penelitian dianalisis dalam dua bagian yakni analisis deskripsi dan analisis inferensial yaitu analisis dua jalur (anava 2 x 2) dan uji lanjut Tukey untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran open-ended dan pembelajaran langsung pada motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran open-ended lebih berpengaruh positif terhadap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik ditinjau dari tingkat motivasi belajar.

Keywords


Open-Ended; Berpikir Kreatif ; Motivasi.

Full Text:

PDF

References


E. Johnson, Contextual Teaching and Learning: What it is and why it’s here to stay, 5th ed. California: Crowin Press, Inc., Thousand Oaks, 2002.

A. Mahmudi, “Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis,” in Konferensi Nasional Matematika XV, 2010.

E. Pehkonen, “The state-of-art in mathematical creativity,” Zentralblatt für Didakt. der Math., vol. 29, pp. 63–67, 1997.

J. Sabandar, “Berpikir Reflektif Makalah,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2008.

U. Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

S. H. Noer, “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended,” J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 104–111, 2011.

M. Taufik, “Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram,” J. Agrisains, vol. 5, no. 1, 2014.

Suprapti, I. N. Parta, and S. Rahardjo, “Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika untuk Menanamkan Karakter pada Siswa SMP Negeri 12 Balikpapan,” in Konferensi Nasiona Pendidikan Matematika V, pp. 659–666.

E. Suherman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA, 2001.

Nurjanah, Fitriani, and Nani, “Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Melalui Lesson Study Berbasis MGMP Jalancagak,” J. Pengajaran MIPA, vol. 18, no. 1, pp. 9–15, 2013.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593



Copyright (c) 2020 Jambura Journal of Mathematics





                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS

 Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Jenderal Sudirman No.6, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo 96128, Indonesia
 Email: info.jjom@ung.ac.id
 +62-852-55230451 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics (p-ISSN: 2654-5616 | e-ISSN: 2656-1344) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.