Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingginya Minat Pengguna Kontrasepsi Hormonal Dibandingkan Non Hormonal

Edwina Rugaiya Monayo

Abstract


Penggunaan kontrasepsi hormonal hingga saat ini masih menjadi pilihan metode kontrasepsi yang populer di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya minat kontrasepsi hormonal dibandingkan kontrasepsi non hormonal. Desain penelitian ini adalah studi analitik komparatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita usia subur yang menggunakan kontrasepsi hormonal atau non hormonal, berusia di atas 30 tahun dan jumlah anak lebih dari 2. Dari hasil penelitian diketahui ada hubungan antara faktor pengetahuan (p value = 0,000), sikap ibu ( p value = 0,010), pendapatan (p value = 0,000) dan informasi KB (p value = 0,000) terhadap tingginya minat kontrasepsi hormonal dibandingkan kontrasepsi non hormonal. Sedangkan untuk faktor dukungan suami (p value = 0,980), tidak terdapat hubungan dengan minat kontrasepsi hormonal yang tinggi dibandingkan kontrasepsi non hormonal. Dapat disimpulkan bahwa lebih banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan alat kontrasepsi hormonal dibandingkan kontrasepsi nonhormonal.

Keywords


Hormonal, Kontrasepsi, Non hormonal

Full Text:

PDF

References


Antukay, Meranty. 2019. Gambaran Rendahnya Minat Akseptor Terhadap Metode Operasi Pria (MOP) di Wilayah Kerja Puskesmas Sipatana Kota Gorontalo. Jurnal Keperawatan.

Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahtiar, Heri dan Joni Hidatussani. 2013. Akses Akseptor KB Kontrasepsi Hormonal dan Non Hormonal. Stikes Yarsi Mataram.

Basiru, FS. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) pada Akseptor KB di Wilayah Kerja Puskesmas Sipatana Kota Gorontalo[skripsi]. Jurusan Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo.

Budiman dan Riyanto A. 2013. Kapita Selekta Kuisoner. Jakarta: Salemba Medika.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.. 2014. Situasi dan Analisis Keluarga Berencana. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Lontaa,A., Kusmiyati, dan Robin D. 2014.Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Kontrasepsi Pasangan Usia Subur di Puskesmas Damau Kabupaten Talaud. Jurnal Ilmiah Bidan. 2(1): 27-32.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Rainy A F. 2011. Faktor factor yang berhubungan dengan penggunaan Metode kontrasepsi jangka Panjang P (MKJP) Di wilayah Pancoran. Skripsi: Universitas Indonesia.

Riyanto, A. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Rizali, MI., Muhammad I., dan A. Ummu S. 2013. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Suntik di Kelurahan Mattoangin Kecamatan Mariso Kota Makassar. Makssar: Universitas Hasanudin. 176-183

Setiasih S. 2103. Analisis factor factor yang mempengaruhi pemelihina kontrasepsi Jangka Panjang (MKIP) pada Wanita pasangan Usia Subur (PUS)di Kabupaten Kendal. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia.

Setiawati, E., Oktia W.K. H., dan Asih K. 2017. Pemilihan Kontrasepsi Berdasarkan Efek Samping pada Dua Kelompok Usia Reproduksi. Unnes Journal of Public Health. 6 (3):1168-173.

Setyorini, A. 2016. Kesehatan Reproduksi & Pelayanan Keluarga Berencana. Bogor: In Media.

Susanto, Bella NA., Winarsih N., dan Abi M. 2015. Hubungan Antara Dukungan Suami Terhadap Istri dengan Keputusan Penggunaan Alat Kontrasepsi di Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Boyoali. Publikasi Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tsany, L., Nur M., dan Fitri I. 2015.Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Pada Akseptor Kb Wanita Di Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Unnes Journal of Public Health.

Yuliana, Nita. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Pemilihan Kontrasepsi Hormonal Pada Pasangan Usia Subur (PUS) di Puskesmas Banguntapan II Bantul.Univeristas Aisyiyah Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37311/jnj.v3i2.11339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Nursing Journal