Hubungan Pola Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak

Elvie Febriani Dungga

Abstract


Obesitas merupakan masalah kesehatan yang penting, selain karena merupakan faktor risiko timbulnya penyakit kronis degenerative dikemudian hari, obesitas juga sudah banyak menimbulkan masalah pada usia anak dan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dan aktivitas fisik dengan kejadian obesitas di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode observasional analitic melalui pendekatan Cross Sectional. Populasi sebanyak 150 orang. Sampel penelitian sebanyak 121 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian pada analisa bivariat menunjukan bahwa ada hubungan antara pola makan dan aktivitas fisik (P-Value=0,000), dengan kejadian obesitas pada anak di SD Labratorium Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Diharapkan pada pihak sekolah agar memperhatikan status gizi siswa/siswi, karena status gizi yang buruk akan berdampak negatif bagi kondisi kesehatan anak.

Keywords


aktivitas fisik, obesitas

Full Text:

PDF

References


Afrienny, R., Rahayu, & Hiswani. (2014). Fakor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Obesitas Pada Siswa/I Kelas VII dan VIII di SMP Negeri 34 Medan Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Masyarakat , 1.

Bidjuni, H., Rompas, S., & Bambuena, I. M. (2014). Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Usia 8-10 Tahun Di SD Katolik 03 Frater Don Bosco Man.

Cahyaningsih, D. S. (2011). Pertumbuhan Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Rineka Cipta.

Cahyono, J. B., & Suharjo, B. (2008). Gaya Hidup dan Penyakit Modern. Yogyakarta: Kanisius.

Cici Octari, N. I. (2014). Hubungan status sosial ekonomi dan Gaya Hidup dengan Kejadian Obestas pada Siswa Negeri 08 Alang Lawas Padang. Jurnal Kesehatan .

Damayanti, Syarif (2009). Obesitas pada Anak. Prosiding Simposium Temu Ilmiah Akbar. Jakarta : Pusat Informasi dan Penerbitan bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. 2017. Profil Kesehatan Provinsi Gorontalo. Gorontalo : Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Fachrunnisa, J., Abrori, C., & Rachmawati, A. D. (2016). Analisis Faktor Resiko Kejadian Obesitas pada Anak Perkotaan di Beberapa Sekolah Dasar Kabupaten Jember. Jurnal Kedokteran , 1.

Gibney, M. J., Margetts, B. M., Kearney, J. M., & Arab, L. (2013). Gizi Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Mumpuni, Y., & Wulandari, A. (2010). Cara Mengatasi Kegemukan. Yogyakarta: Andi.

Nirwana, A. B. (2012). Obesitas Anak dan Pencegahannya. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nurfatimah. (2014). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Obesitas Pada Anak Usia 6-12 Tahun Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pondok Pinang Jakarta. Jurnal Keperawatan ..

Rachmatia, & Dian, E. F. (2012). Faktor Resiko Obesitas dan Tingkat Obesitas pada Anak Sekolah Dasar Banda Aceh. Jurnal Keperawatan , 1.

Rahayu, S. 2008. Keperawatan Keluarga. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wong, D. d. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatric Volume 1. Jakarta: Buku Kedokteran : EGC.

Yatim, F. (2008). 30 Gangguan Kesehtan pada Anak Usia Sekolah. Jakarta: Pustaka Populer Obor.




DOI: https://doi.org/10.37311/jnj.v2i1.4477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is indexed by:

Web Analytics Made Easy -
StatCounter