Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Keperawatan Semester II Universitas Negeri Gorontalo

Nanang Roswita Paramata, Nuryadin H Sabudi

Abstract


Self-Directed Learning (SDL) merupakan kemampuan belajar mandiri atas inisiatif mahasiswa sendiri dalam merencanakan, mengarahkan model pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajarnya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Keperawatan Semester II Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan rancangan descriptive dengan pendekatan descriptive survey. Populasi sebanyak 109 orang, dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel penelitian sejumlah 103 orang yaitu mahasiswa Keperawatan Semester II Universitas Negeri Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat SDL mahasiswa berada pada kategori tinggi sebesar 86.4%. Berdasarkan jenis kelamin, semua responden laki-laki memiliki tingkat SDL tinggi atau 100%, berdasarkan usia, responden berusia 18 tahun memiliki SDL tertinggi sebesar 48.5%, berdasarkan jalur masuk PTN, SDL tertinggi dimiliki lulusan jalur SBMPTN sebesar 56.3%, berdasarkan tempat tinggal responden SDL tertinggi dimiliki oleh mahasiswa yang bertempat tinggal di rumah sebesar 61.2%. Kesimpulan penelitian adalah Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Keperawatan Semester II Universitas Negeri Gorontalo dalam kategori tinggi.

Keywords


SDL, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


AIPNI. 2015. Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia. Jakarta. Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

Ambarsarie. R. Erlinawati. N. D. Triana. D. 2016. Analisis Sef Directed Learning Readiness Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu 1(2):262-266.

Clouston. 2010. Problem-Based Learning in Health and Social Care. Oxford.Wiley-Blackwell.

Devysia, M.A, Warjirman. Bagus, R. S. 2016. Perbedaan Self Directed Learning Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Lecture dan Problem Based Learning 1-8.

Faizah, S.R.I. 2015. Hubungan antara Self-Directed Learning Readiness (SDLR) Dengan Proaktinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Fathilla. F. 2018. Hubungan Efikasi Diri Terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Dokter. Fakultas Kedokteran. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Huriah. T. 2018. Metode Student Center Learning. Yogyakarta. Prenamedia Group.

Kemenristek Dikti, 2014. Kurikulum Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Monkarenasi M, Abbasi A., Razyani R. 2015. Factors affecting the self directed learning readiness. European Onine Journal of Natural and Social Science. 4(4):74-865.

Nur, M. Titi, S.P. Efrayim, S. Penerapan Self-Directed Learning Melalui Sistem PBL Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Asia: Suatu Kajian Literatur 6(3):133-140.

Purwandari, A. 2016. Uji Komparasi Kemampuan Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Keperawatan yang Menjalankan Problem-Based Learning. Naskah Publikasi. Program Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Dosen, Edisi 1 – 4. Jakarta. Rajawali Press.

Saputra. O. Rika. L. Marizka. P. A. 2015. Korelasi Self-Directed Learning Readiness (SDLR) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Presentasi Artikel Ilmiah Dies Natalis FK Unila Ke 13. Bandar Lampung.

Sugianto. I.M. Lisiswanti. R. 2016. Tingkat Self Directed Learning Readiness (SDLR) Pada Mahasiswa Kedokteran. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung : 1-5.

Surbakti. E.S.Br. 2017. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Skripsi. Fakultas Kedokteran. Universitas Lampung. Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.37311/jnj.v2i1.6861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is indexed by: