PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT UNTUK PELAJARAN IPA BAGI SISWA SMP PADA MATERI CAHAYA, CERMIN, DAN LENSA

Eko Khoerul Nurnamawi, Etris R. Rahim

Abstract


Artikel ini membahas hasil penelitian tentang pengembangan multimedia pembelajaran berbasis powerpoint untuk pelajaran IPA bagi siswa SMP pada materi cahaya, cermin dan lensa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas multimedia pembelajaran berbasis PowerPoint bagi siswa SMP kelas VIII pada materi cahaya, cermin dan lensa yang telah dikembangkan. Penelitian ini tergolong jenis penelitian pengembangan media. Media pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan berbentuk multimedia pembelajaran berbasis program Microsoft PowerPoint. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis PowerPoint dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pengembangan desain pembelajaran, tahap pengembangan produk, dan tahap evaluasi & revisi. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data berupa instrument tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif, yaitu mendeskripsikan tentang kegiatan pengembangan multimedia berdasarkan data-data yang diperoleh penilaian/evaluasi media dan tes hasil belajar. Hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa kualitas produk multimedia yang dikembangkan, ditinjau dari aspek pembelajaran memperoleh skor penilaian sebesar 4,12 dengan kategori baik, aspek materi memperoleh skor penilaian sebesar 4,55 dengan kategori sangat baik, dan dari aspek media memperoleh skor penilaian sebesar 4,64 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas multimedia pembelajaran PowerPoint materi cahaya, cermin, dan lensa yang dikembangkan untuk kelas VIII SMP tergolong dalam kategori baik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas.

Keywords


Pengembangan Multimedia Berbasis Powerpoint; IPA

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Harjanti, Aridyah Niken. 2010. Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer untuk pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa SMP. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 01 edisi Mei 2010. Johnson, LouAnne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Terjemahan Dhani Daryani. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Sumarno, Alim. 2011. Multimedia dalam Perkembangan Pembelajaran, (Online), (http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno/multimedia-dalam perkembangan-pembelajaran, diakses 17 Maret 2012) Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.