KARAKTERISTIK PENILAIAN FORMATIF PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP)

Fitriawati Potabuga, Muhammad Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penilaian formatif pembelajaran IPA dengan menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tahapan Context untuk merencanakan pembelajaran reponden A, B, dan C telah merencanakan pembelajaran dengan baik, pada tahapan Input untuk keterampilan guru responden A, B, dan C telah menggunakan 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM), pada tahapan Process, cara guru memberikan penilaian yaitu responden A, B, dan C memberikan  penilaian  dengan cara formatif, pengetahuan, dan keterampilan, sedangkan pada tahapan Product responden melihat hasil belajar siswa.


Keywords


Model CIPP; Pembelajaran IPA; Penilaian Formatif

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Depdiknas, (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta. Dirjen Dikdasmen Direktorat SLTP.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gipps, C. (1994). Beyond testing: Towards a Theory Of Educational Assessment. London: The Falmer Press.

Gulo. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Hanafiah & Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Ibrahim, R. & N. Syaodih. (2003). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Istarani. (2011). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mulyasa, E. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Newman, D.,Griffin, P., & Cole, M. (1989). The Construction Zone: Working For Cognitive Change In School. Cambridge: Cambridge University Press.

Rustaman. (2005). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Bandung : Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

Stufflebeam, D.L., Folely, W.J., Gephart, W.J., Guba, E.G., Hammond R.L., Merriman, H.O., & Provus, M.M. (1971). Educational Evaluation and Decision-Making. Itasca, IL: F.E. Peacock.

Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Beriontasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v2i1.6662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jambura Physics Journal