Cover Image

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BLENDED LEARNING DAN CRITICAL THINKING SKILL PADA MATA KULIAH ASTROFISIKA DALAM MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Juliana Nirahua, Jony Taihuttu, Venty Sopacua

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis blended learning dan critical thinking skill pada mata kuliah Astrofisika dan untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar berbasis blended learning dan critical thinking skill yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang meliputi 4 tahapan define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahapan develop karena hasil penelitian sudah tercapai. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dan layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba pada 30 mahasiswa Astrofisika program studi pendidikan fisika menunjukkan bahwa Bahan Ajar Astrofisika berbasis Blended Learning and Critical Thinking SkillI telah memenuhi standar kelayakan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, dapat digunakan secara klasikal dan mandiri, secara online dan offline (face to face).


Keywords


Blended Learning; Critical Thinking Skill

Full Text:

PDF

References


Amin, A.K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2).

Anggraeni, Anggian, dkk. (2019). Pengaruh Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian, dan Pengembangan, 4(6)

Deti, Ahmatika. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Jurnal Euclid 3(1)

Ennis, R. H. (2018). Critical thinking across the curriculum: A vision. Topoi, 37(1), 165-184.

Fariska., Risyalatul., & Erman. (2017). Blended Learning untuk Meningkatkan Level Kemampuan Berpikir Kritis. Pensa e-Jurnal, 5 (2)

Ghiffar., Muhammad A.N, dkk. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Blebnded Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skill Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Semnas STKIP Andi Matapa Pangkep.

Grenstein, L. (2012). Assesing 21st Century Skills, A Guide toEvaluate Mastery and Autentic Learning. United Kingdom: SAGE Publication Ltd. https://sevima.com/perbedaan-blended-learning-dan-e-learning/ Perbedaan Blended Learning dan E-Learning. Aplikasi Online Dunia Kampus Teknologi diakses tanggal 27 Februari 2019.

Idris, H. (2011). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Iqra’ 5 (1).

Istiana, P. (2019). Pengaruh Penerapan Blended Learning Pada Materi Listrik Statis Terhadap Kemapuan Berpikir Kritis Siswa. In Skripsi . Bandar Lampung.

Kemristekdikti. (2018). https://www.ristekdikti.go.id/siaran-pers/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/#6uqOiCHdbQ53A2h5.99 diakses tanggal 10 Maret 2019.

Ma’Mur, M. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Konsep Teknologi Informasi. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan 1 (4).

Ningsih, Ambar W.S., dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3 (2).

Rahmawati, I., dkk. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM Volume 1 2016.

Sudarman. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Perolehan Belajar Konsep dan Prosedur Pada Mahasiswa Yang Memiliki Self Regulated Learning Berbeda. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 21 (1) .




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v2i1.6869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Juliana Nirahua, Jony Taihuttu, Venty Sopacua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.