IDENTIFIKASI KEDALAMAN INTRUSI AIR LAUT DI DESA BASSIANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK

Fitri Jusmi, Kurnia Bakri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kedalaman intrusi air laut ke aquifer berdasarkan nilai resistivitas hasil deteksi menggunakan metode geolistrik konfigurasi schlumberger di Desa Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey lapangan dengan pengambilan data dilakukan pada 3 titik lintasan menggunakan metode geolistrik resistivitas konfigurasi schlumberger. Akuisisi data lapangan dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak microsoft excel untuk memperolah nilai resisitivitas semu dan kemudian diolah menggunakan software IP2WIN untuk memperoleh nilai tahanan jenis yang sebenarnya. Hasil nilai resistivitas sebenarnya yang telah diperoleh dari 3 titik lintasan pengukuran kemudian dikorelasikan untuk menampilkan gambaran penampang tahanan jenis 2D daerah penelitian yang digunakan untuk mempermudah penginterpretasian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intrusi air laut ke akuifer air tanah terjadi pada lintasan 1 mulai dari kedalaman 10,84–18,92 meter dan lintasan 3 yang semua lapisannya telah terserap oleh air laut. Kemudian untuk lintasan 2 sendiri intrusi air laut ke akuifer air tanah tidak ditemukan sehingga daerah pada lintasan 2 adalah yang paling baik digunakan oleh masyarakat dalam pembuatan sumur sebagai solusi dari masalah air bersih.

 

Kata kunci: intrusi, aquifer, resistivitas, schlumberger


Keywords


intrusi, aquifer, resistivitas, schlumberger

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, E. S. 2013. Aplikasi Metode Geolistrik untuk Identifikasi Intrusi Air Laut Studi Kasus Semarang Utara. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Astutik, P., Wahyono,S.C., Siregar, S.S. 2016. Identifikasi Intrusi Air Laut Menggunakan Metode Geolistrik di Desa Kampung Baru, Tanah Bumbu. Jurnal Fisika Flux Vol 13 (2); 155-160.

Sutandi, M.C. 2012. Penelitian Air Tanah. Jurusan Teknik Sipil Universitas Kristen Maranatha. Bandung

Indarto. 2012. Hidrologi Dasar Teori Dan Contoh Aplikasi Model Hidrologi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kodatie, R.J., 2012. Tata Ruang Air Tanah.Yogyakarta: Andi.

Salam, R., 2011. Kajian Akifer Pantai Pulau Ternate. J. Aplikasi Fisika, 7(2), 51-55.

Wijaya, L. 2009. Identifikasi Pencemaran Air Tanah dengan Menggunakan Metode Geolistrik di Wilayah Ngringo Jaten Karanganyar. In Skripsi. Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v2i2.6974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Fitri Jusmi, Kurnia Bakri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.