META-ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Irpan Irpan, Yoga Budi Bhakti

Abstract


This research is a meta-analytic study that uses qualitative analysis methods with documentation data collection techniques with pusposive sampling techniques. In 10 journal articles analyzed that the results of 10 research journal articles show that the effect of the application of the inquiry learning model has an effect on the learning process results. The application of this inquiry model has a significant influence on learning achievement such as science process skills, conceptual understanding, creative thinking skills and student learning outcomes. With this inquiry learning model, it has a positive influence on the achievement of students in learning. From the analysis of 10 journal articles, it is clear that the application of learning with this inquiry learning model has a positive influence on student understanding and student learning outcomes in physics learning.

Keywords


meta-analytic, inquiry learning, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Barus, E. L., & Sani, R. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi dikelas x semester ii. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(4).

Budiman, I. (2017). Model pembelajaran latihan inkuiri untuk meningkatkan penguasaan konsep energi rumah tangga dan keterampilan berfikir kreatif siswa SMP. Wahana Karya Ilmiah, 1(1).

Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika 4(2), 141-149.

Candra, D., Rosdianto, H., & Muridani, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII pada Materi Pesawat Sederhana. Variabel, 2 (1).

FITRIANI, I. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GETARAN HARMONIK DI SMA NEGERI DRIYOREJO. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1).

Haspen, C. D. T., & Festiyed, F. (2019). Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Fisika. 5(2).

Khairani, D., & Ritonga, W. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamiskelas x semester II SMA Negeri 12 Medant. P 2014/2015. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(4).

Pranowo, T. E., Siahaan. P., & Setiawan, W. (2017) Penerapan multimedia dalam pembelajaran IPA dengan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep perpindahan kalor pada siswa kelas VII. WaPFI (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1).

Suyana, I., Amalia, L., & Setiawan, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantu Teknik TSTS (Pada Materi Gerak Lurus di SMAN 6 Bandung). WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(2), 27-31.

Usman, E. A., & Cahyati, M. T. Putri, Y. A., Asrizal, A. (2019). META-ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAL;AM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENJAWAB TANTANGAN KURIKULUM 2013 PADA ABAD 21. PILLAR OF PHYISICS EDUCATION, 12(4).

Utami, A. F., Astutik, S., & Maryani, M. (2019). LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis pada Materi Termodinamika. FKIP e-PROCEEDING, 3(2), 71-76.

Zarisa, A., & Saminan, S. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTORIAL RIDDLE PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVIATAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesia Journal of Science Education), 5(1), 1-4.




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v2i2.6984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Irpan Irpan, Yoga Budi Bhakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.