Pemberdayaan dan Penguatan Ekonomi Keluarga Melalui Program UP2K-PKK Dalam Pencegahan Stunting

Selvi Selvi, Srie Isnawaty Pakaya

Abstract


Pemberdayaan dan Penguatan Ekonomi Keluarga Melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)-PKK dalam Mencegah Stunting Di Kabupaten Pohuwato. Kuliah Kerja Nyata Tematik Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2020. KKN Tematik ini bertujuan Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya UP2K dalam mendukung penguatan ekonomi keluarga sehingga mampu mencegah peningkatan stunting di Kabupaten Pohuwato dan Melalui program UP2K dapat memberikan pembinaan dan pengembangan kegiatan usaha keluarga yang tergabung dalam kelompok atau perorangan sehingga secara bertahap mampu menjadi wiraswasta serta memungkinkan timbulnya kegiatan yang bersifat koperatif, serta Melakukan pembinaan dan pelatihan kepada perempuan yang dalam hal ini merupakan salah satu bagian pelaku ekonomi keluarga bagaimana menjadi wirausaha yang baik dan bagaimana memasarkan usaha mereka serta bagaimana menciptakan produk yang menarik sehingga dapat terterima oleh pasar. Adapun Permasalahan stunting ini sangat erat hubungannya dengan kemiskinan yang terjadi dimasyarakat, berdasarkan data BPS Kabupaten Pohuwato tahun 2013 jumlah rumah tangga miskin di Kabupaten Pohuwato sampai dengan tahun 2013 berjumlah sekitar 10.638 KK yang tersebar di seluruh Kecamatan. Jumlah ini dibagi kedalam tiga kelompok kategori. Kelompok 1 (satu) merupakan rumah tangga dengan kondisi kesejahteraan sampai dengan 10% terendah di Indonesia, kelompok 2 (dua) merupakan rumah tangga dengan kondisi kesejahteraan antara 11% sampai dengan 20% terendah di Indonesia dan kelompok 3 (tiga) merupakan rumah tangga dengan kondisi kesejahteraan antara 21% sampai dengan 30%. Dalam mengatasi masalah tersebut di atas perlu ada pemberdayaan dan penguatan ekonomi keluarga dalam hal ini adalah ibu-ibu sebagai bagian dari pengerak ekonomi keluarga perlu dilakukan pendampingan dalam hal pemberian sosialisasi dan pelatihan kepada ibu-ibu pelaku usaha di Desa Sipatana Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato, dengan melibatkan beberapa instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Pohuwato dalam memberikan penguatan dan motivasi untuk ibu-ibu pelaku usaha sehingga usaha yang mereka bangun terus tumbuh dan berkembang dan akan berdampak pada peningkatan kesejatraan keluarga dan dapat mengurangi tingkat kemiskinan yang terjadi, sehingga berdampak pada pencegahan stunting yang terjadi di Desa Sipatana pada khususnya dan Kabupaten Pohuwato Umumnya.

Full Text:

PDF

References


Bapeda Kabupaten Pohuwato, 2014

Budiartiningsih dkk,2010. Peran UP2K terhadap Peningkatan Pendapatan Keluarga Di Kecamatan Cerenti Kabupaten Singgingi, FE Unversitas Riau.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pohuwato, 2013

Kabupaten Gorontalo Dalam Angka, 2013

Lakip Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato, 2013

Zulkarnain, 2006. Kewirausahaan Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah dan Penduduk Miskin, Adicita, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i1.10374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License