Peningkatan Potensi Ekonomi di Kawasan Teluk Tomini melalui Pelatihan Produk Kreasi Limbah Jagung bagi Masyarakat Desa Mebongo Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara

Maryam Rahim, Wenny Hulukati

Abstract


Masyarakat memiliki peran penting dalam pengembangan potensi ekonomi suatu daerah. Sehubungan dengan hal tersebut dibutuhkan program pemerintah, swasta, dan perguruan tinggi yang dapat mengstimulasi masyarakat. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kreativitas dan produktivitas anggota masyarakat agar mampu memenuhi perekonomian keluarga/masyarakat, (2) meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengolah limbah jagung menjadi produk bernilai ekonomi yang berfungsi sebagai salah satu sumber penghidupan keluarga, (3) melatih mahasiswa dalam menemukan solusi masalah perekonomian masyarakat. Target yang hendak dicapai melalui kegiatan ini adalah: (1) terlaksananya kegiatan pelatihan produk kreasi limbah jagung, (2) meningkatnya keterampilan masyarakat dalam mengolah limbah jagung, dan (3) terbentuknya kelompok-kelompok pengrajin/produsen kreasi limbah jagung yang potensial dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah pesisir Teluk Tomini. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui tahapan-tahapan: (a) persiapan dan pembekalan, dan (b) pelaksaanaan di lapangan. Kegiatan persiapan meliputi: (1) menyiapkan administrasi mehasiswa, (2) menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang digunakan dalam kegiatan pembekalan, dan (3) menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang digunakan dalam kegiatan pelatihan kepada masyarakat. Kegiatan pembekalan meliputi: (1) menyiapkan administrasi untuk kegiatan pembekalan, (2) melaksanakan  pelatihan produk kreasi limbah jagung, di mana keterampilan tersebut akan digunakan oleh mahasiswa dalam melatih anggota masyarakat di lokasi KKN, (3) pemberian materi tentang etika kehidupan bermasyarakat; (b) pelaksanaan di lapangan meliputi kegiatan: (1) survey lokasi, (2) menyusun program, (2) sosialisasi kepada masyarakat tentang program KKN yang akan dilaksanakan, (3) pembentukan kelompok pengrajin, (4) pelaksanaan pelatihan terhadap kelompok pengrajin, dan (5) evaluasi ketercapaian tujuan program. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) meningkatnya pemahaman masyarakat desa Mebongo kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara tentang pemanfaatan limbah jagung menjadi produk kreasi yang bernilai ekonomi, (2) terbentuknya 9 (sembilan) kelompok pengrajin/produsen kreasi limbah jagung, (3) masyarakat telah memiliki keterampilan yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber pendapatan ekonomi keluarga.


Full Text:

PDF

References


Alifa, Syadza. Menganalisa Masalah Sosial Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19. http://puspensos.kemsos.go.id/menganalisa-masalah-sosial-ekonomi-masyarakat-terdampak-covid-19

Budi, Erika Rizqyana. 2017. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Ketersediaan Sanitasi. Economic Development Analysis Journal 6 (2) (2017).

Chairunnisa, Magfirah dan Ciptandi, Fajar. 2018. Pengolahan Material Limbah Bonggol Jagung sebagai Produk Aksesoris Fesyen. Jurnal ATRAT V6/N3/09/218.

Fatoni, Nur; Imanuddin, Rinaldy; dan Darmawan. 2017. Pendayagunaan Sampah Menjadi Produk Kerajinan. Jurnal Walisongo DIMAS–Volume 17, Nomor 1, Mei 2017.

Hadiwardoyo, Wibowo. 2020. Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara. Journal of Business & Entrepeneurship, Volume 2 Nomor 2 April 2020. e-ISSN: 2623-0089.

Wijianto, dan Ulfa. 2016. Pengaruh Status Sosial dan Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Bekerja bagi Remaja Awal (Usia 12-16 Tahun) di Kabupaten Ponorogo. Al Tijarah Vol. 2, Desember 2016 (190-210). P-ISSN: 2460-4098, e-ISSN: 2528-2948.

https://tempochannel.com, Potensi Wisata di Teluk Tomini. TEMPO Channel

https://lipi.go.id, Kondisi Umum Perairan Teluk Tomini, 1-5




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i1.7646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License