UPAYA PENANGGULANGAN DAMPAK SOSIAL LINGKUNGAN TERHADAP KEBERADAAN PETERNAKAN AYAM RAS PEDAGING DI DESA ULAPATO A KECAMATAN TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALO

Adelin Septianingsih Herson, Yuriko Boekoesoe, Yanti Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui respon masyarakat terhadap dampak sosial lingkungan adanya keberadaan peternakan ayam ras pedaging yang mencemari akibat dari limbah usaha ayam ras pedaging dan upaya penanggulangan yang dilakukan pemilik usaha menanggulangi pencemaran lingkungan di Desa Ulapato A Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ulapato A Kecamatan Telaga Biru kabupaten Gorontalo. Dari bulan Februari sampai Juli dengan jumlah sampel 42 masyarakat dan 15 responden pemilik usaha ayam ras pedaging. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan teknik analisis data Analisis Statistic Deskriptif menggunakan skala likert dan dilakukan tabulasi atas respon dari responden, kemudian hasil tabulasi tersebut dimasukan kedalam garis kontinum. Hasil penelitian ini menunjukan respon dari masyarakat akibat adanya usaha ternak ayam ras pedaging limbah peternakan yang dibiarkan dapat meningkatkan resiko pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan bagi masyarakat sekitar dan ternak itu sendiri. Masyarakat merespon buruk tehadap lingkungan adanya bau yang tidak sedap dan juga banyaknya lalat yang membuat warga merasa risih karena kotoran ayam ras pedaging dari ternak itu tidak tertutup sehingga lalat masuk kerumah warga. Upaya yang sudah dilakukan dalam menanggulangi pencemaran lingkungan yaitu yang dilakukan pemilik usaha adalah membeli obat lalat secara pribadi tetapi belum bisa menanggulangi masalah bau kotoran ayam ras pedaging.

Keywords


Upaya Penanggulangan, Dampak Sosial Lingkungan, Peternakan Ayam

References


Badan Pusat Statistic (BPS) Distan Kabupaten Gorontalo, 2017. Kabupaten Gorontalo dalam Angka 2017. Gorontalo.

Setyono, Dwi Joko dan Maria Ulfah.2011. 7 Jurus Sukses menjadi Peternakan Ayam Ras Pedaging. Jurnal. Jakarta:Penebar Swadaya. Vol. 1, No. 1, 42.

Fardani, Andi. (2012). Dampak Sosial Keberadaan Pt Vale Indonesia Tbk Terhadap Kehidupan Masyarakat (Studi Kasus Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur). Jurnal.Universitas Hasanuddin: Jurusan Sosiologi FISIP. Vol. 1, No.1. Juni 2018

Wibowo, A,S. 2010. Dampak Sosial Ekonomi Usaha Peternakan Ayam Broiler. Skripsi.Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial. Semarang.

Sihombing, DTH. 2000. Teknik Pengelolaan Limbah Kegiatan/Usaha Peternakan. Pusat Penelitian Lingkungan. Jurnal. Hidup Lembaga Penelitian, Institut Pertanian Bogor. Vol. 11, No.1.

Miles, M.B dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kulitatif, Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru (Penerjemah: T.R Rohidi). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.